beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Joko Anwar Bagi-bagi Tips Bikin Konten Video di Kelas Offline Galaxy Movie Studio

Anisa Kurniasih,
lebih dari 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Joko Anwar Bagi-bagi Tips Bikin Konten Video di Kelas Offline Galaxy Movie Studio
Image: Joko Anwar di acara Offline Class kedua Galaxy Movie Studio diadakan di Central Park Mall, Jakarta, Jumat (6/3/2020). (Anisa Kurniasih/Urbanasia)

Jakarta – Sutradara kondang Joko Anwar membagikan tips nih buat kamu yang punya minat di dunia perfilman guys.

Lewat acara Offline Class kedua Galaxy Movie Studio diadakan di Central Park Mall, Jakarta, Jumat (6/3/2020) Joko Anwar menjadi pembicara dengan topik bahasan Visual Storytelling.

Untuk memulai konten video layaknya sebuah film nih guys, menurutnya, sangat penting untuk memperhatikan hal-hal mendasar yang perlu dikuasai oleh film maker.

Joko menjelaskan, langkah awal seseorang ketika ingin membuat sebuah konten video berkualitas layaknya sebuah film ialah menguasai Director Treatment.

Hal itu merupakan pedoman bagi sutradara dalam mendeskripsikan sebuah film yang terdiri dari camera movement, type of shot, angle camera serta story telling atau penyampaian cerita agar dapat mengkomunikasikan skenario dalam bentuk visual kepada semua kru yang terlibat.

Baca Juga: Joko Anwar Ikut Tanda Tangan Petisi Tolak RUU Ketahanan Keluarga

"Ini bisa diwujudkan melalui teknik visual storytelling yang berfokus pada berbagai macam tipe pengambilan gambar, pembelahan shoot yang baik serta pemilihan warna yang merupakan faktor-faktor dasar dalam pembuatan sebuah film," kata Joko Anwar.

Ia melanjutkan, semua itu dapat diwujudkan dengan berbekal smartphone, asalkan kita pintar memaksimalkan beragam fitur-fitur dalam smartphone kita salah satunya seperti melalui Galaxy S20.

Berikut ini adalah beberapa tips and trik teknik Visual Storytelling untuk mempertajam visual filmmu ala Joko Anwar:

Pertama, pahami skenariomu dan kuasai director treatment agar dapat mengkomunikasikan skenario dalam bentuk visual yang konkret kepada semua kru yang terlibat.

"Jangan takut untuk bereksplorasi dan mencoba beragam angle camera dan camera movement untuk menemukan style atau gaya filmmu," kata Joko Anwar.

Kamu bisa memaksimalkan pengunaan fitur Live Focus, Ultrawide, Super Steady 2.0 dan dan berkreasi untuk menentukan gaya filmmu.

Pahami kapan harus menggunakan blast shot (pembelahan shoot) agar memudahkanmu untuk membelah setiap adegan yang ada dan menyusunnya menjadi satu kesatuan yang utuh.

Baca Juga: Galaxy S20 Series dan Galaxy Z Flip Resmi Meluncur di Indonesia

Kamu dapat mengunduh aplikasi Adobe Rush di PlayStore untuk memudahkan proses editing dari smartphonemu.

Gunakan fitur-fitur pada smartphone untuk menciptakan efek dramatis untuk memperkaya footage. Be creative!

Dalam proses editing dan menentukan feel, tone, pemilihan warna dan elemen-elemen lainnya, jangan cepat puas dan berani mengeksplorasi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

“Saya senang sekaligus bangga bisa menjadi salah satu bagian dari Galaxy Movie Studio. Galaxy Movie Studio dapat membantu mereka untuk memaksimalkan smartphone Galaxy untuk membuat film pertama mereka, salah satunya dengan menggunakan Galaxy S20 dengan fitur-fiturnya yang terdiri Single Shot, Ultrawide, Perekaman 8K Video, Live Focus dan Super Steady 2.0 untuk memaksimalkan pengambilan footage-footage yang apik," sambung Joko Anwar.

Galaxy Movie Studio sendiri adalah sebuah platform persembahan Samsung Electronics Indonesia dalam mendukung dan meningkatkan kemampuan pengguna dari membuat konten video biasa menjadi konten video seperti film dibantu oleh smartphone Samsung Galaxy.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait