beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

Kaca Mobil Kerap Macet? Kenali 4 Penyebabnya

Hanisa Sutoyo,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kaca Mobil Kerap Macet? Kenali 4 Penyebabnya
Image: Kaca mobil (Foto: iStockPhoto)

Jakarta – Masalah kaca mobil macet kerap dirasakan oleh sejumlah pengendara. Hal ini terjadi bisa karena berbagai hal nih, Urbanreaders, salah satunya tentu kurangnya melakukan pengecekan rutin.

Ketika masalah tersebut sudah terjadi, jangan sampai dibiarkan terlalu lama ya. Sebab, menaik-turunkan kaca mobil sangat diperlukan di kondisi tertentu, misalnya saat akan membayar tol.

Nah, melansir dari dealer resmi Toyota, terdapat sejumlah penyebab lain terjadinya kaca mobil macet selain karena kurang perawatan. Apa saja? Yuk, simak daftar berikut!

1. Korsleting

1656586265-Ilustrasi-membetulkan-kaca-mobil.jpegSumber: ilustrasi membetulkan kaca mobil (Foto: Pinterest/Groupon)

Cara kerja kaca mobil yang memanfaatkan teknologi power window memang mengandalkan energi listrik. Sama seperti kelistrikan pada umumnya, energi yang digunakan untuk menggerakkan kaca mobil ini bisa mengalami korsleting loh, Urbanreaders.

Hal tersebut bisa terjadi karena sejumlah faktor, diantaranya plastik pada sakelar telah aus ataupun sakelar terbakar. Karena itulah, kaca mobil kamu tidak bisa dinaik turunkan dengan sempurna.

2. Power Window Rusak

Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, pergerakan kaca mobil mengandalkan teknologi power window, dan ketika terjadi permasalahan pada komponen ini, maka kamu tidak bisa menggerakan kaca dengan baik.

Penyebab dari power window rusak bisa bermacam-macam loh, salah satunya sekring atau fuse yang mengalami korsleting. Sebaiknya, kamu langsung membawa kendaraanmu ke bengkel resmi untuk di servis ya.

3. Motor Power Window Bermasalah

1656586132-Cover-ilustrasi-power-window-kaca-mobil.jpegSumber: ilustrasi power window kaca mobil (Foto: Pinterest/eHow)

Teknologi power window yang saat ini digunakan di sebagian besar mobil, tersusun atas beberapa komponen, salah satunya motor atau regulator.

Komponen ini bisa aus pada bagian geriginya dan akan mengalami kerusakan seiring berjalannya waktu pemakaian nih. Terlebih jika kamu jarang melakukan pengecekan rutin. Jika sudah terlanjur terjadi, sebaiknya segera periksakan di dealer resmi ya, Urbanreaders. 

4. Tidak Mendapat Perawatan Optimal

Seperti kendaraan pada umumnya, mobil juga harus mendapatkan perawatan maksimal nih. Sebab, jika sudah mengalami masalah serius, maka kamu akan kesulitan mencari solusi dan berujung mengeluarkan budget besar agar performa mobil kembali normal.

Nah, bagian kaca mobil yang seringkali tidak mendapat perhatian sebenarnya bisa menjadi sarang debu atau kotoran lainnya loh. Jika tidak dicek dan dibersihkan secara berkala, maka masalah seperti kaca mobil macet dapat muncul.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait