Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Kebun Binatang Surabaya Kembali Buka, Cek Syarat dan Aturannya!

Nivita Saldyni,
18 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kebun Binatang Surabaya Kembali Buka, Cek Syarat dan Aturannya!
Image: Pengunjung KBS. Sumber: Humas KBS

Surabaya – Setelah tutup karena adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), Kebun Binatang Surabaya (KBS) akhirnya kembali dibuka. Pembukaan ini merupakan uji coba yang dilakukan Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) dan telah dimulai pada Minggu (3/10/2021) lalu.

Humas PDTS KBS, Agus Supangat mengatakan uji coba kali ini dilakukan dengan beberapa aturan ketat. Salah satunya dengan membatasi maksimal kuota kunjungan maksimal 25 persen dari kondisi normal per harinya hingga penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

“Pembatasan 25 persen dari kapasitas normal. Jadi kami sediakan 5.000 kuota per harinya. Ini kami bagi sesi-sesi, kalau terlalu padat, (pengunjung) tunggu yang lainnya keluar. Jadi kami lihat juga kondisi di dalam,” katanya seperti dikutip dalam rilis Humas Pemkot Surabaya, Senin (4/10/2021).

Selain itu, pengunjung juga harus sudah divaksin COVID-19 yang ditunjukkan lewat aplikasi PeduliLindungi. Jadi pastikan untuk download aplikasi PeduliLindungi untuk mengunjungi KBS, guys.

Untuk pengunjung sendiri, anak di bawah 12 tahun masih belum diperkenankan masuk, kecuali dengan pengawasan orang tua. Itu pun orang tuanya juga sudah harus divaksin ya.

“Untuk anak-anak diberikan kesempatan masuk tapi dengan syarat orang tuanya sudah vaksin dan wajib mengikuti protokol kesehatan, seperti pakai masker dan menjaga jarak,” jelasnya.

1633324498-uji-coba-kbs.jpgSumber: Pengunjung KBS. Sumber: Humas KBS

Pengunjung juga harus dalam kondisi sehat serta mematuhi protokol kesehatan selama berada di area KBS. Mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan, jaga jarak hingga menghindari kerumunan termasuk dilarang menggelar tikar dalam area KBS, ya.

Untuk memastikan tak ada pengunjung yang melanggar aturan tersebut, PDRS KBS sudah menyiapkan dan akan menyiagakan 85 Satgas COVID-19 Mandiri yang disebar ke berbagai titik di lokasi. Seperti di pintu masuk, dan ada juga yang akan berpatroli untuk mengingatkan pengunjung. Mereka akan bertugas untuk mengingatkan protokol kesehatan kepada pengunjung.

 “Ada 85 petugas yang disebar. Ada di depan (pintu masuk), belakang, dan patrol berkeliling . istilahnya ada Satgas COVID-19 mandiri, mereka mengingatkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Sayangnya saat ini wahana yang ada di sana masih belum beroperasi, guys. Seperti misalnya wahana tunggang gajah, animal edutainment, feeding time, hingga akuarium maupun wisata air.

“Termasuk stand penjual makanan di dalam KBS juga belum diperbolehkan buka. Jadi semua wahana dan stand-stand di dalam masih belum. Pengunjung hanya diperbolehkan masuk saja selama uji coba ini,” ungkap Agus.

Namun ia memastikan bahwa setiap minggunya PDTS KBS akan terus melakukan evaluasi untuk memastikan uji coba berjalan lancar dan aman. Sehingga ada kemungkinan aturannya sewaktu-waktu berubah, sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.

Nah untuk kamu yang sudah rindu berkunjung ke KBS, mulai hari ini kamu sudah bisa loh melakukan pemesanan dan pembelian tiket secara online. Kamu bisa membeli tiket minimal H-3 atau maksimal H-1 sebelum kunjungan lewat www.surabayazoo.co.id.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait