menu
user
URoto

Kenali Ciri-ciri Motor Overheat dan Cara Mengatasinya!

Anisa Kurniasih,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kenali Ciri-ciri Motor Overheat dan Cara Mengatasinya!
Image: Ilustrasi pengendara sepeda motor. (Pixabay/Milan Permadi)

Jakarta - Overheat merupakan kondisi mesin pada kendaraan yang mengalami panas yang berlebihan. Nah, masalah itu bisa terjadi pada mobil maupun motor, guys. Jika sebelumnya kita pernah membahas soal overheat pada mobil. Kali ini yang akan dibahas adalah overheta pada sepeda motor.

Motor memang menjadi andalan bagi sebagian orang untuk bepergian dan menunjang aktivitasnya. Namun, jika kamu terus-terusan mengendari motor tanpa memperhatikan kondisi mesinnya, hati-hati bisa saja mesin tersebut akan mengaami overheat tiba-tiba.

Nah, pada umumnya, overheat terjadi pada motor yang mempunyai mesin dengan pendingin, namun tidak berfungsi secara maksimal. Kondisi motor yang mengalami ini seperti kehilangan tenaga saat dikendarai.

Kondisi overheat pada motor ini akan membuat kendaraan mengalami kerusakan yang kian parah apabila tidak diatasi dengan baik. Nah, Suzuki punya ulasannya secara lengkap nih terkait overhead pada motor yang penting untuk dipahami, di antaranya sebagai berikut!

Ciri-Ciri Overheat pada Motor

Ada ciri utama yang ada pada motor saat mengalami overheat guys, yaitu tidak dapat berjalan saat digas. Disini, mesin motor seolah mengalami kemacetan dan tidak memiliki tenaga lagi untuk berjalan. Kondisi ini akan memperparah kondisi mesin apabila motor terus dipaksa untuk berjalan.

Ciri selanjutnya adalah knalpot yang mengeluarkan asap ketika mesinnya menyala. Di samping itu, motor yang mengalami overheat akan identik dengan bau gosong pada asap dari knalpot atau mesinnya.

Apabila pengendara sudah mengalami ciri-ciri tersebut, sebaiknya tidak memaksakan motor untuk tetap berjalan. Sebab, hal ini akan memperburuk kondisi dari mesin motor yang malah akan mempersulit proses perbaikannya nanti.

1600751914-motor-3.jpgSumber: Ilustrasi motor (Freepik)

Cara Mengatasi Overheat saat Motor Digunakan

 Hal berikutnya yang perlu diperhatikan pada saat terjadinya overheat adalah cara untuk mengatasinya. Hal ini perlu diketahui agar pemilik tidak perlu panik saat tiba-tiba mesin motor mengalami overheat. Pada dasarnya, mengatasi hal ini sangatlah mudah, asalkan kondisinya tidak terlalu parah.

Perlu diketahui bahwa mesin motor yang mengalami overheat akan mati tiba-tiba pada saat digunakan. Saat hal ini terjadi, pengendara motor harus segera mematikan mesin dengan memutar starternya agar off. Selanjutnya, tepikan motor agar aman dari pengendara lain.

Hindari untuk langsung menstarter atau berusaha menghidupkan mesin saat terjadi overheat. Tunggu dulu beberapa waktu agar suhu pada mesin motor menurun atau menjadi dingin. Hal ini membutuhkan waktu yang sedikit agak lama, tergantung pada kondisi mesin.

Nah, jangan lupa ya guys untuk selalu mengecek rutin kondisi kendaraanmu sebelum bepergian dan secara berkala.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait