Hot News

Jakarta - Kini mencari lagu lewat Google makin dimudahkan. Tak perlu mengetikan penyanyinya, judul ataupun liriknya. 

Cukup senandungkan lagu tersebut, seketika Google akan mencarikannya untuk kamu.

"Kami mengumumkan sekarang Google bisa membantu kamu mencari tahu, tidak perlu lirik, nama penyanyi atau nada yang sempurna," kata Krishna Kumar, Manajer Produk Senior Google Search.

Fitur ini disebut hum to search. Saat ini sudah tersedia di iOS dan Android melalui Google Assistant.

Atau bisa juga menggunakan Google Search, kemudian menekan ikon mikrofon di bar pencarian. Kamu tinggal ucapkan 'What is This Song' atau 'Search for a song'

Lalu kamu bersenandung selama 10 hingga 15 detik. Google akan menampilkan hasilnya.

Raksasa pencarian internet ini mengatakan pengguna tidak perlu bersenandung dengan sempurna. Sebab mereka menggunakan algoritma machine learning untuk menemukan lagu yang sekiranya sesuai dengan senandung tersebut.  

Dijelaskan Kumar kalau melodi dalam sebuah lagu ibarat sidik jari. Kerena unik, begitu Google Search mendengar senandung, machine learning akan mengubah audio menjadi rangkaian (sequence) angka yang mewakili melodi lagu tersebut.  
 
"Ketika pengguna menyenandungkan melodi ke Penelusuran, model pembelajaran mesin kami mengubah audio menjadi urutan berbasis angka yang mewakili melodi lagu. Model kami dilatih untuk mengidentifikasi lagu berdasarkan berbagai sumber, termasuk nyanyian manusia, siulan, atau senandung, serta rekaman studio," jelas Kumar.

Algoritma machine learning tersebut juga memperhitungkan komponen pendukung, seperti instrumen musik, nada dan warna nada.

Mesin akan membandingkan rangkaian angka tersebut dengan berbagai lagu, kemudian, menunjukkan hasil yang sesuai atau mendekati sesuai dengan senandung tersebut.

Komentar

Loading ..