menu
user
URnews

Kilang Minyak Pertamina Indramayu Kebakaran, Diduga Akibat Sambaran Petir

Shelly Lisdya,
19 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kilang Minyak Pertamina Indramayu Kebakaran, Diduga Akibat Sambaran Petir
Image: Kebakaran PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. (ANTARA)

Jakarta - Salah satu tangki kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Senin (29/3/2021) dini hari sekitar pukul 00.45 WIB.'

Diduga kebakaran akibat sambaran petir, lantaran wilayah Indramayu kala itu tengah diguyur hujan lebat dan petir.

Dari video yang beredar di media sosial, lokasi RU VI Balongan terbakar hebat, hingga akhirnya warga pun berhamburan keluar dan teriak ketakutan. Bahkan, banyak netizen yang menyebut jika kebakaran terlihat hingga jarak sejauh lima kilometer.

Terlihat ada beberapa warga yang sedang melintas ketika kebakaran terjadi, sehingga warga pun mengalami luka bakar dan langsung dirujuk untuk perawatan intensive di RSUD Indramayu.

"Insiden kebakaran di Kilang Pertamina Balongan ini karena tangki T-301G, kejadian sekitar pukul 00.45 WIB dini hari," kata Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya, dalam keterangannya di Jakarta, seperti mengutip ANTARA, Senin (29/3).

Hingga kini, dikatakan Ifki, belum dapat dipastikan apa penyebab kebakaran dahsyat tersebut, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir. Sementara itu, tim keselamatan kerja atau (Health, Safety, Security, and Environment/HSSE) tengah fokus dalam pemadaman api.

Ifki menjelaskan, kini juga dilakukan normal shutdown guna menegendalikan arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran.

"Kami meminta warga sekitar untuk tetap tenang, dan menjauh dari lokasi kebakaran," imbau Ifki Sukarya.

Sementara itu, Pertamina telah menyiapkan tempat untuk evakuasi dan pengungsian bagi warga sekitar di GOR Perumahan Bumi Patra dan Pendomo Kabupaten Indramayu. 

Tak hanya itu, Pertamina juga memastikan pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait