Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Kim Woo Bin dan Deretan Artis Korsel yang Dibebaskan dari Wamil

Eronika Dwi,
12 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kim Woo Bin dan Deretan Artis Korsel yang Dibebaskan dari Wamil
Image: Wajib Militer di Korea Selatan. (Business Insider)

Jakarta - Wajib militer atau wamil di Korea Selatan (Korsel) telah ada sejak tahun 1957.

Jangka waktu wamil di Korsel sendiri ternyata lebih lama dari beberapa negara lainnya loh, guys. Pria Korsel menjalani wamil selama 24 bulan.

Melansir 90DayKorean, Rabu (9/12/2020), seluruh pria Korsel berusia antara 18 dan 28 tahun yang sehat secara fisik wajib menjalani wamil, tidak terkecuali para selebriti.

Namun, kewajiban tersebut tidak berlaku bagi mereka yang memiliki kondisi khusus, seperti memiliki penyakit sedang hingga berat, anak tunggal atau kondisi keluarga yang tidak memungkinkan, serta riwayat pendidikan yang tak memadai.

Pengecualian serupa juga dapat diberikan kepada mereka yang memiliki keterampilan luar biasa, misalnya pemain biola, pianis, dan pemain balet bisa mendapatkan pengecualian.

Selain itu, atlet yang telah memenangkan medali di Olimpiade, atau khususnya medali emas di Asian Games, dibebaskan dari wamil.

Dikutip dari The Hollywood Reporter, Kementerian Pertahanan Korea membebaskan sekitar 280 artis dan 178 atlet dari wamil dalam 10 tahun terakhir.

Dirangkum Urbanasia, berikut beberapa aktor dan penyanyi Korsel yang dibebaskan dari wamil:

1. Seo In Guk

1607510382-Seo-In-Guk.jpgSumber: Seo In Guk. (Instagram @seo_cccc)

Setelah menjalani wamil selama empat hari pada Maret 2017 silam, Seo In Guk terpaksa dipulangkan karena mengalami cedera pergelangan kaki yang cukup parah.

Dari situ, diketahui bahwa Seo In Guk menderita osteochondritis dissecans (penyakit sendi), sebuah penyakit yang mana sebagian tulang rawan mengalami kerusakan karena kekurangan aliran darah.

Kondisi kesehatan Seo In Guk ini tergolong tingkat lima sehingga membebaskannya dari wamil.

2. Kim Woo Bin

1607510351-Kim-Woo-bin.jpgSumber: Kim Woo-bin. (Instagram kimwoob1607)

Kim Woo Bin dibebaskan dari wamil karena kondisi kesehatan. Menurut agensinya, SidusHQ, Kim Woo Bin mengidap kanker nasofaring sejak Mei 2017.

Kala itu, Kim Woo Bin menerima pemberitahuan keberangkatan wamil tak lama setelah menjalani kemoterapi.

Meski begitu, sebelum dinyatakan bebas dari wamil, bintang drama 'The Heirs' itu tetap menjalani pemeriksaan fisik dan membuatnya masuk ke dalam golongan tingkat enam.

Golongan enam merupakan penilaian bagi orang-orang yang mengidap penyakit berat atau tidak mampu dari segi mental dan fisik.

3. Yoo Ah In

1607510423-Yoo-Ah-In-1.jpgSumber: Yoo Ah In. (Instagram @hongsick)

Lagi-lagi karena kesehatan, Yoo Ah In juga dibebaskan dari wamil karena tumor tulang yang telah dideritanya sejak lama.

Yoo Ah In yang memiliki keinginan untuk menjalani wamil itu sampai rela melakukan pemeriksaan kesehatan berulang kali loh, guys.

Namun, setelah pemeriksaan kelima, pihak berwenang mengumumkan bahwa aktor berusia 34 tahun dibebaskan dari wamil.

4. Jo Jung Suk

1607510504-Jo-Jung-suk.jpegSumber: Jo Jung-suk. (soompi)

Berbeda dari tiga aktor sebelumnya, bintang utama dalam drama 'Hospital Playlist' itu dibebaskan dari wamil karena kondisi keluarga.

Sejak kehilangan sang ayah di usia muda, Jo Jung Suk menjadi tulang punggung keluarganya dan satu-satunya orang yang merawat sang ibu.

Melihat kondisi Jo Jung Suk, Kementerian Pertahanan memutuskan membebaskannya dari wamil.

5. Jung Joon Young

1607512194-Jung-Joon-Young.jpgSumber: Instagram Jung Joon Young.

Solois jebolan Superstar K4 ini termasuk yang dibebaskan dari wamil akibat latar belakang pendidikan yang tak memenuhi kualifikasi.

Lahir dan menghabiskan masa kecilnya di Indonesia, membuat pihak militer tak mengakui tingkatan pendidikan yang diambil Jung Joon Young.

Diketahui, sejak muda, Jung Joon Young kerap berpindah-pindah tempat dari satu negara ke negara lain karena pekerjaan ayahnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait