Hot News

Bangkok - Presiden RI Joko Widodo belum lama ini mendapat hadiah jersey dari Presiden FIFA. Apakah ini ada hubungannya dengan Indonesia tuan rumah Piala Dunia U-20 2021?

Jokowi akhir pekan kemarin berada di Bangkok, Thailand, untuk menghadiri KTT ke-35 ASEAN pada acara yang dihelat di Impact Exhibition & Convention Center. Tak cuma membahas masalah global dan ASEAN, Jokowi juga membicarakan soal sepakbola.

Ini bisa jadi ada kaitannya dengan keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Apalagi sepakbola merupakan olahraga paling populer di Indonesia. Kebetulan di KTT itu, hadir pula Presiden FIFA Gianni Infantino di acara tersebut.

Infantino hadir di sana untuk mengucapkan selamat kepada Indonesia yang berhasil terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Bahkan Infantino bakal mengunjungi Indonesia dalam waktu dekat untuk meninjau persiapan.

Baca juga: Indonesia Jadi Tempat Pembuangan Limbah B3, Jokowi Tegas Menolak di KTT Asia

"Tentunya kami yakin Indonesia sebagai negara besar dengan 267 juga penduduk, dapat menjadi tuan rumah yang baik. Apalagi didukung oleh 200 juta fans sepakbola ini penting bagi kami," tutur Infantino.

Jokowi dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada FIFA yang sudah memilih Indonesia sebagai tuan rumah. Jokowi berjanji Indonesia akan melayani sebaik mungkin negara peserta yang hadir.

"Sepakbola adalah sarana memperkuat rasa kesatuan dan kebangsaan rakyat Indonesia. Prestasi dalam sepak bola Indonesia selalu menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia," ujar Jokowi.

"Saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan menjadi penyelenggara Piala Dunia U-20 pada tahun 2021. Kami akan bekerja keras menjamin Piala Dunia U-20 di Indonesia berlangsung sukses dan lancar. Kami telah memiliki pengalaman dalam menyelenggarakan Asian Games dan juga Asian Para Games 2018," sambungnya.

Baca juga: Jokowi Resmikan Jembatan Youtefa, Destinasi Wisata Baru di Papua

Selain bertemu dengan Jokowi, Infantino dan FIFA juga secara khusus mendatangi ASEAN terkait rencana mereka menggelar Piala Dunia 2030 atau 2034. Dalam hal ini, negara ASEAN juga meneken MoU dengan FIFA pengembangan dan peningkatan sepak bola dengan tujuan mendorong pembangunan sosial serta gaya hidup sehat di kawasan.

Penandatanganan dilakukan oleh Sekretaris Jenderal ASEAN Dato' Lim Jock Hoi dan Infantino yang disaksikan 10 kepala negara/kepala pemerintahan termasuk Jokowi.

FIFA juga turut memberikan jersey kepada seluruh pemimpin negara itu dengan nomor berbeda yakni 9 dan 10. Tujuh pemimpin ASEAN mendapat nomor 9 karena itu berstatus kepala pemerintahan, sementara dua lain menggunakan nomor 10 karena berstatus kepala negara.

Tetapi, Jokowi mendapat nomor berbeda yakni 21, karena berkaitan dengan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.


Loading ..