menu
user
URtainment

Klarifikasi Young Lex: Gue Nggak Kesel Dibilang Plagiat

Eronika Dwi,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Klarifikasi Young Lex: Gue Nggak Kesel Dibilang Plagiat
Image: Klarifikasi Young Lex Soal MV 'Raja Terakhir' yang Dituding Tiru MV Lay EXO. (Foto: YouTube Young Lex)

Jakarta - Young Lex buka suara usai music video (MV) lagu barunya, 'Raja Terakhir', disebut netizen sangat mirip dengan MV 'LIT' milik Lay EXO.

Melalui Instagram miliknya, Selasa (9/3/2021), Young Lex meminta maaf perihal MV 'Raja Terakhir' yang dituduh plagiarisme atau plagiat.

"Saya meminta maaf untuk tidak meminta maaf atas perihal tentang video klip terbaru di channel YouTube saya yang berjudul 'Young Lex - Raja Terakhir (The Last King) | Official song for Three Kingdoms: Hero Legendaris' yang sedang ramai saat ini di social media atas pemberitaan dan/atau tuduhan PLAGIARISM,'' tulis Young Lex.

Menurut Young Lex, dia hanya di-hire sebagai talent dan pencipta lagu. Sedangkan proses kreatif dalam proses pembuatan MV dilakukan oleh production house (PH) atau rumah produksi.

"Saya bekerjasama dengan agency hanya sebagai talent dan pencipta lagu. Dan dengan ini saya menyatakan bahwa saya tidak turut dalam proses kreatif dalam memproduksi music video tersebut hingga terjadinya dugaan kemiripan," jelas Young Lex.

Perihal tudingan plagiarisme juga dijelaskan Young Lex melalui kanal YouTubenya. Rapper Indonesia itu kembali menegaskan bahwa dia hanya terlibat dalam pembuatan lagu dan lagu yang dibuat pun sama sekali tidak menjiplak.

"Gua sebenarnya nggak kesel dibilang plagiat soal videonya karena itu bukan urusan gua. Itu urusan PH yang ngerjain. Tugas gua, gua di-hire sebagai pembuatan lagu, dan gua sama sekali nggak menjiplak lagunya," kata Young Lex.

"Soal video gua nggak berurusan, gua hanya pembuat lagunya, dan lagunya sama sekali tidak melihat Lay EXO," kata Young Lex lagi.

Meski begitu, Young Lex tetap mengaku kesal dan tidak terima dengan hujatan yang datang padanya usai merilis MV 'Raja Terakhir'.

"Gua tetap sedih sih kalau liat komentarnya-komentarnya, bukan sedih karena komentarnya tapi sama orang-orangnya. Komentarnya galak-galak banget tapi ternyata bocil (bocah kecil)," kata Young Lex sambil menunjukkan pesan Instagramnya yang penuh hujatan netizen.

Namun, dia beberapa detik terakhir video klasifikasinya, Young Lex tetap meminta maaf.

"Gua akan tetap minta maaf untuk tidak minta maaf sama orang tol*l semuanya," kata Young Lex.

Diberitakan sebelumnya netizen menemukan banyak sekali kemiripan, mulai dari konsep, koreografi, setting latar, hingga kostum para penari antara MV 'Raja Terakhir' dengan 'LIT' milik Lay EXO.  

Salah satu adegan paling mirip adalah saat seekor naga muncul di tengah pasukan. Bedanya, Young Lex menempatkan bulan di sebelah kiri, sementara Lay EXO di kanan.

 Akibatnya tagar Young Lex, Naga, dan Respect Zhang Yixing (nama asli Lay EXO) menempati jajaran trending topic Twitter sejak Selasa ( 9/3/2021) pagi..

"ZHANG YIXING tersayang kami memberikan semua hatinya untuk membuat MV LIT, dan sekarang, beberapa orang menyabotase dan menjiplak MV dan instrumennya? This is very DISRESPECTFUL! YOUNG LEX AND TEAM PLEASE RESPECT ZHANG YIXING!" tulis warganet di kolom komentar.

"Ini bukan hanya soal hak cipta atau kreativitas, tapi MV Lit itu sendiri juga berisi budaya sakral Tiongkok dan logo kebanggaan China (naga)," timpal yang lain.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait