menu
user
URtech

Libas Apple, Oppo Jadi Nomor Satu di Cina!

Afid Ahman,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Libas Apple, Oppo Jadi Nomor Satu di Cina!
Image: Ilustrasi ponsel Oppo. (Oppo)

Beijing - Perusahaan riset Counterpoint Research baru saja perilis laporan penjualan ponsel di Cina. Kendati iPhone 12 sukses, Apple berhasil dilibas oleh Oppo yang didaulat menjadi nomor satu.

Tentu ini sebuah prestasi besar. Tidak hanya berhasil menyalip raksasa teknologi dari Cupertino, ini kali pertamanya Oppo berhasil menjadi penguasa di negara asalnya.

 Oppo punya 21 persen pangsa pasar di Cina pada Januari 2021. Keberhasilan Terswbut tidak terlepas oleh kesuksesan Reno4.

“Perubahan merek Reno Series dengan meluncurkan perangkat lebih mumpuni dengan harga lebih rendah dari pendahulunya, membantu Oppo menggaet segmen premium yang terjangkau. Momentum yang kuat dari A Series di segmen menengah memperkuat portofolio produk dan mampu memenuhi permintaan 5G di Cina dengan rentang harga yang lebar. Ini semakin terbantu oleh penurunan performa Huawei," kata Varun, Varun Mishra, Analis Senior di Counterpoint Research.

Di posisi kedua ada Vivo dengan market share sebesar 20 persen. Sementara Huawei merosot ke posisi ketiga. 

Penurunan tersebut dinilai sangat mencolok sebab pada kuartal kedua tahun 2020, Huawei masih punya 46 persen.

Popularitas berangsur memudar sejak saat itu. Diestimasi angka penurunannya mencapai 30 persen pada kuartal keempat tahun 2020.

Tim Counterpoint Research memprediksi bahwa penurunan yang terjadi di Huawei akan terus berlangsung. "Tren penurunan Huawei akan berlanjut pada 2021," ujar Varun.

Untuk peringkat keempat dan kelima ada Apple serta Xiaomi. Kedua perusahaan tersebut sekarang masing-masing memiliki 16 persen pangsa pasar.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait