menu
user
URnews

Lou Ottens, Penemu Kaset dan CD Tutup Usia

Afid Ahman,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Lou Ottens, Penemu Kaset dan CD Tutup Usia
Image: Lou Ottens, penemu kaset dan cd. Sumber: Wikipedia via Creative Commons/Jordi Huisman.

Belanda - Sang penemu kaset dan compact disc (CD), Lou Ottens, baru saja tutup usia. Insinyur asal Belanda ini meninggal di usia 94 tahun. 

Surat kabar NRC Handelsblad pertama kali melaporkan bahwa Ottens meninggal pada 6 Maret di Duizel, Belanda. Namun pihak keluarga baru mengumumkan belum lama ini.

"Kami sangat sedih harus memberitahu Anda bahwa Lou meninggal dengan damai pada Sabtu, 6 Maret 2021," kata putri Ottens, Arine Ottens, kepada WTOP News dilansir New York Post

Ottens lahir di Bellingwolde pada tahun 1926. Minat pada peralatan suara sudah ada sejak usia muda. 

Setelah meraih gelar insinyur, Ottens  bekerja di pabrik Philips pada 1952. Setelah delapan tahun di perusahaan, dia menjadi kepala pengembangan produk pada 1962.

Dia dan timnya telah menciptakan alat perekam portabel pertama di dunia, sebuah penemuan yang akan merevolusi industri musik dan terjual lebih dari satu juta unit.

Terobosan lainnya menyusul dua tahun kemudian. Beberapa perusahaan sedang mencari pengganti yang lebih ringkas untuk sistem pita reel-to-reel yang ramah pengguna. 

"Kaset itu diciptakan karena kesal tentang alat perekam yang ada, sesederhana itu," kata Ottens dalam sebuah wawancara.

Tim Ottens mempresentasikan kaset tape berbungkus plastik perdana mereka kepada dunia pada pameran elektronik 1963. Format musik yang “Lebih kecil dari sebungkus rokok!”

1615441256-plate-4745818-960-720.jpgSumber: Ilustrasi vinyl, cd dan kaset. Sumber: Pixabay/Bru-No.

Kaset yang dipatenkan Philips menjadi hit dalam sekejap dan dengan cepat merevolusi industri musik, menelurkan mixtape profesional dan DIY yang tak terhitung jumlahnya, dengan lebih dari 100 miliar terjual.

Pada tahun 1972, Ottens menjadi direktur audio di Philips 'NatLab. Dian membantu membuat CD, kreasi bersama Philips dan produsen elektronik Jepang Sony yang membuat debut publiknya pada 1982. Hingga sekarang sudah 200 miliar keping CD terjual ke seluruh dunia.

Pada tahun 1986 Ottens pensiun. Tetapi dia sering ditanya apakah dia bangga dengan penemuannya yang memungkinkan jutaan orang memiliki akses ke musik.  Dia tetap rendah hati menjawab soal keterlibatannya itu.

"Saya tidak punya' telepon kebanggaan','' kata Ottens dalam sebuah wawancara. 

Dia menekankan bahwa kedua penemuan itu adalah upaya tim. Ottens sempat menyinggung penyesalan terbesarnya, yakni bukan Philips, melainkan Sony yang menemukan apa dia anggap sebagai aplikasi ideal untuk kaset, Walkman. 'Itu masih sakit,' katanya. 

Ottens sempat ditanya soal kebanggkita kaset.  "Tidak ada yang bisa mengalahkan suara CD," tegasnya.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait