Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Makna Hari Kemerdekaan Indonesia 2021 di Laman Google Doodle

Alwin Jalliyani,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Makna Hari Kemerdekaan Indonesia 2021 di Laman Google Doodle
Image: Google Doodle

Jakarta – Semarak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI) turut dirayakan oleh Google melalui tampilan Doodle yang menghiasi halaman utama pencarian.

Apabila pengunjung mengeklik Google Doogle tersebut, akan diarahkan ke hasil pencarian 'Hari Kemerdekaan Indonesia'. Bukan hanya itu, Google juga menampilkan efek kembang api di situsnya.

Setiap unsur huruf dalam karya doodle milik Kathrin Honesta mengandung makna yang menggambarkan kekayaan budaya Indonesia.

“Dimulai dengan Sasando, alat musik harpa senar sembilan yang terbuat dari bambu dan daun lontar asli Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur,” terang Google dalam laman situsnya, Selasa (17/8/2021).

Selanjutnya dari kiri ke kanan, terdapat ilustrasi orang yang sedang memainkan alat musik rebana, topeng Hudoq dari Kalimantan, penari kipas Pakarena dari Sulawesi, alat musik Tifa dari Maluku, dan terakhir gambus atau kecapi dari Sumatera.

Google menambahkan bahwa biasanya berbagai perayaan dapat dinikmati pada Hari Kemerdekaan, seperti pertunjukan lagu dan tarian tradisional Indonesia dalam parade karnaval di seluruh Nusantara.

Namun, tahun ini memiliki makna yang berbeda. Masyarakat diminta untuk tetap kuat dengan saling melindungi dan tetap merayakan identitas mereka di rumah.  

"Selamat Hari Kemerdekaan dan tetap kuat bersama, Indonesia!" tulis Google di akhir keterangannya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait