menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Mau Mulai Berbisnis? Kenali Dulu Apa Itu Domain Expertise

Shelly Lisdya,
11 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mau Mulai Berbisnis? Kenali Dulu Apa Itu Domain Expertise
Image: Aryo Ariotedjo dan CEO Investree, Adrian Gunadi. (YouTube Wellshared)

Jakarta - Sejak pandemi COVID-19, tak sedikit pekerja atau buruh mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Dengan demikian, secara tidak langsung kita dituntut untuk terus berinovasi dalam pengembangan karier.

Lantas, banyak dari pekerja yang memanfaatkan peluang untuk mencari uang tambahan dengan berbisnis rintisan atau startup. Pada tahun 2019 sendiri, Kominfo mencatat bahwa Indonesia menduduki posisi lima dunia dengan 2.193 startup setelah AS, India, Inggris, dan Kanada.

"Kenapa startup bisa berkembang, karena banyak yang melihat oh ini peluang dan bisa jadi opportunity. Dan itu yang saya lakukan dulu," kata CEO Investree, Adrian Gunadi dalam festival Wallshered, Selasa (27/4/2021).

Lebih lanjut, ketika berbincang dengan Aryo Ariotedjo, Adrian menyarankan, apabila ingin berbisnis mulailah dengan domain expertise.

FYI nih guys, domain expertise atau pengetahuan domain tidak lain adalah keahlian di bidang tertentu, seperti misalnya pendidikan, perawatan kesehatan, barang konsumen, ritel dan lainnya. 

Sementara ahli domainnya adalah seseorang yang tidak terkait dengan aspek teknologi, namun memiliki pengetahuan yang mendalam tentang industri tertentu, bagaimana pembentukannya, trennya serta hal-hal apa saja yang akan berdampak pada industri tersebut. 

"Untuk memulai usaha rintisan nggak usah nyari jauh-jauh, yang penting adalah domain expertise. Dan apabila nggak bisa menguasai ini ya harus kerja keras. Apapun bisa dilakukan, yang paling penting kenali dulu apa kemampuan dan peluang yang dicari," bebernya.

Nah, apabila digunakan dengan benar, domain expertise dapat membantu memperdalam pemahaman pebisnis tentang customer, sasaran pebisnis, serta masalah dan tantangan unik yang mereka hadapi. 

Ini juga akan membantu pebisnis dalam mengidentifikasi bagaimana pelanggan dapat menggunakan produknya dengan sebaik-baiknya, dan memastikan bahwa Anda menjadi penasihat tepercaya bagi pelanggan. Kabar baiknya adalah pebisnis juga dapat mengembangkan keahlian domain dan memaksimalkan seberapa berguna pebisnis bagi pelanggan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait