Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URedu

Mengenal ADik, Beasiswa Kuliah S1 dari Pemerintah RI untuk Generasi Papua dan Daerah 3T

Nunung Nasikhah,
hampir 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal ADik, Beasiswa Kuliah S1 dari Pemerintah RI untuk Generasi Papua dan Daerah 3T
Image: Ilustrasi foto siswa: http://presidenri.go.id/

Jakarta - Selain beasiswa bidikmisi, Pemerintah RI juga membuka program beasiswa untuk jenjang strata-1 bernama Program Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik).

Beasiswa ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi lulusan Sekolah Menengah Atas atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan akses pendidikan tinggi.

Melalui program ADik ini, pemerintah membantu perguruan tinggi mencari dan menjaring calon mahasiswa dari daerah Papua dan Papua Barat serta daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T), guys.

Program ADik memiliki beberapa goals. Seperti meningkatkan akses pendidikan tinggi di daerah Papua, Papua Barat dan 3T.

Baca Juga: Raih Gelar Doktor di Usia Muda Tanpa Biaya Bisa dengan Beasiswa Ini, Guys!

Kemudian juga untuk meningkatkan angka partisipasi kasar pendidikan tinggi, meningkatkan pemerataan pendidikan tinggi memperluas wawasan kebangsaan bagi penerima beasiswa ADik, meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan tinggi.

Selain itu juga untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa dari daerah yang terkena bencana alam dan kehilangan akses pendidikan tinggi untuk melanjutkan pendidikan pada perguruan tinggi di daerah lain.

Nah, program ADik ini dikelola oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) bersama Perguruan Tinggi sebagai pengelola dan penyelenggara pendidikan.

Dengan beasiswa ini, Pemerintah menyediakan biaya pendidikan, biaya hidup, dan pembinaan atau pembimbingan belajar secara khusus, agar mahasiswa peserta program beasiswa ADik dapat menyelesaikan pendidikan tinggi dengan tuntas dengan hasil yang baik di Perguruan Tinggi terbaik.

Baca Juga: Kampus di Singapura Kasih Tunjangan Beasiswa Hingga Rp 60 Juta Per Tahun, Ini Syaratnya!

Ada tiga syarat khusus bagi pelamar beasiswa ADik ini, guys. Pertama, kalian harus berasal dari daerah Papua dan Papua Barat, daerah terdepan, terluar, tertinggal (3T), serta anak TKI dari wilayah perbatasan.

Selanjutnya, memilih Perguruan Tinggi di luar provinsi asal atau domisili. Dan yang terakhir harus merupakan siswa yang telah lulus pada tahun pendaftaran.

Setidaknya ada 4 jalur penerimaan peserta program ADik ini. Yakni jalur SNMPTN, SBMPTN, POLTEK dan jalur tes ADik itu sendiri.

Untuk cara pendaftarannya, berikut prosedur yang telah dihimpun oleh tim Urbanasia.

Pertama, bagi Peserta LULUS SNMPTN mendaftar secara mandiri ke sistem ADik melalui laman (https://adik.ristekdikti.go.id).

Baca Juga: text

Kedua, bagi Peserta SBMPTN mendaftar secara mandiri ke sistem ADik melalui laman (https://adik.ristekdikti.go.id) dengan menyertakan nilai UTBK. Bagi yang lulus SBMPTN akan diikutsertakan sebagai calon peserta program ADik sesuai dengan program studi yang dipilih pada SBMPTN.

Ketiga, bagi Peserta LULUS PMDK-PN mendaftar secara mandiri ke sistem ADik melalui laman (https://adik.ristekdikti.go.id).

Keempat, peserta Tes ADik didaftarkan oleh pemerintah daerah (kabupaten/kota) ke sistem ADik melalui laman (https://adik.ristekdikti.go.id).(*)

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait