Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Mengenal Peristiwa Gerhana Satelit 'Sun Outage'

Anita F. Nasution,
sekitar 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Peristiwa Gerhana Satelit 'Sun Outage'
Image: Ilustrasi gerhana satelit. (Pixabay)

Medan - Urbanreaders, seperti kita ketahui satelit adalah alat yang dijadikan sebagai pengantar sinyal. Digunakan agar kita dapat menonton, mengakses internet dan hal lainnya.

Nah tidak hanya terjadi pada matahari dan bulan saja, satelit ternyata juga mengalami peristiwa gerhana satelit atau dikenal dengan istilah 'Sun Outage'.

Yup, dilansir dari laman infoastronomy.org, dalam dunia telekomunikasi satelit Sun Outage merupakan sebuah kejadian antara Bumi-Satelit-Matahari berada dalam satu garis lurus.

Pada umumnya, Sun Outage terjadi pada satelit buatan yang mengorbit bumi secara geostasioner atau peristiwa satelit mengorbit bumi pada geosinkron, tepat berada di garis ekuator atau khatulistiwa dengan ketinggian 36.000 kilometer.

Kejadian Sun Outage ini terjadi akibat adanya energi thermal yang dipancarkan matahari, sehingga mengakibatkan interferensi sesaat pada semua sinyal satelit guys.

Peristiwa gerhana satelit atau Sun Outage ini mengakibatkan satelit kehilangan komunikasi dengan stasiun bumi baik head-end/teleport ataupun ground-segment biasa.

Well, peristiwa Sun Outage ini pun disebutkan dapat terjadi sebanyak 2 kali dalam setahun yakni sekitar tanggal 20 Maret dan 23 September.  

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait