beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Mengenal Tex Saverio, Desainer yang Dijuluki Alexander McQueen of Indonesia

Shelly Lisdya,
19 September 2022 12.04.19 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Tex Saverio, Desainer yang Dijuluki Alexander McQueen of Indonesia
Image: Fesyen desain Indonesia yang mendunia, Tex Saverio. (Instagram/texsaverio)

Jakarta - Tak sedikit orang Indonesia yang mengembangkan kreativitasnya hingga ke kancah internasional. Tak hanya di bidang seni tarik suara seperti Agnez Mo, namun ada pula yang tersohor di bidang fesyen desain.

Ia adalah Tex Saverio yang merupakan perancang busana berkebangsaan Indonesia. Ia dikenal terutama sebagai perancang busana yang karyanya bergaya glamour dan penuh fantasi. 

Mengutip dari berbagai sumber, keahliannya dan karyanya hingga kini telah dikenal ke kancah internasional hingga pernah dikenakan oleh para selebriti Hollywood. Oleh media internasional, ia dijuluki sebagai 'Alexander McQueen of Indonesia'.

Lantas bagaimana perjalanan kariernya?

Pria yang lahir pada 28 Agustus 1984 ini mulai dikenal publik September 2005. Kala itu ia memenangi penghargaan nasional Mercedes-Benz Asia Fashion Award, sehingga ia dapat bersaing pada tingkat regional di tahun berikutnya. Ketika itu, ia menampilkan koleksi-koleksi busana untuk wanita maupun pria.

Tex Saverio sempat meninggalkan sekolah sejak kelas 1 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan memilih belajar desain fesyen di Phalie Studio Jakarta (School of Fashion Design) hanya dalam waktu enam bulan. 

Selain itu, ia juga pernah menjadi 10 finalis terbaik Indonesia pada Lomba Desain Busana dan Aksesori Desainer Muda Indonesia dengan Majalah Dewi sebagai penyelenggara kompetisi.

Tex Saverio diikutsertakan dalam ajang Concours International des Jeunes Createurs de Mode et de Bijoux 2003 di Paris, Prancis.

Setahun kemudian, pada Oktober 2004, Tex Saverio yang masih diinkubasi pada Phalie Studio kembali menjadi finalis pada Concours International Des Jeunes Createurs De Mode et De Bijoux 2004 di kota Paris, yang mengantarkannya untuk mendapat penghargaan Prix d'Incitation untuk kategori busana dan aksesori. 

Sejak saat itu, karya-karyanya mulai dikenal di kalangan Internasional. Sebab dorongan dari kawannya, Rio memperkenalkan diri dan karyanya kepada agen Lady Gaga dan mendapat sambutan positif.

Tak lama kemudian salah satu karyanya, 'La Glacon' dikenakan oleh Lady Gaga dalam salah satu fotonya di majalah Harper's Bazaar pada 2011. 

Selain Lady Gaga, Kim Kardashian juga diketahui mengenakan busana rancangannya Rio. Kemudian foto perkawinan salah satu tokoh dalam film 'The Hunger Games: Catching Fire', Jennifer Lawrence juga mengenakan busana rancangannya.

Sejak 2013, Tex Saverio memasuki segmen pasar busana siap pakai yang dipamerkannya di Paris Fashion Week sebagai satu-satunya perancang Indonesia yang dapat tampil di ajang tersebut. Ia juga tampil dalam ajang Jakarta Fashion Week 2014 yang diadakan Oktober 2013 di Jakarta, Indonesia.

Pada 2020, hasil rancangan Tex Saverio bahkan dikenakan oleh Miss Universe 2019, Zozibini Tunzi. Gaun yang berwarna merah tersebut dikenakan Zozi saat akan mengakhiri jabatannya sebagai Miss Universe 2019 pada hari penobatan Miss Universe 2020, yaitu Andrea Meza dari Meksiko sebagai pengganti Miss Universe yang baru.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait