Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Mengenal Tokoh Penting di Balik Sumpah Pemuda

Anita F. Nasution,
sekitar 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Tokoh Penting di Balik Sumpah Pemuda
Image: 92 tahun lahirnya Sumpah Pemuda. (Ilustrasi/museumsumpahpemuda)

Jakarta - Sumpah Pemuda jatuh setiap tanggal 28 Oktober merupakan hari lahir dari Kongres Pemuda II yang diselenggarakan pada pada 28 Oktober 1928 di Batavia, sekarang Jakarta

Kongres digelar selama dua hari yakni 27-28 Oktober 1928 ini melahirkan ikrar Sumpah Pemuda. Kongres ini menjadi semangat nasionalisme yang masa itu Indonesia tengah dalam penjajahan Belanda

Nah, dalam melahirkan Sumpah Pemuda ini ternyata ada banyak tokoh-tokoh muda yang turut memiliki peran penting di dalamnya.

1. Soegondo Jojopoespito

Salah satunya adalah Soegondo Jojopoespito. Sebagai aktivis Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia, sosok Soegondo merupakan tokoh penting dalam lahirnya Sumpah Pemuda. Tentu saja, kala itu Soegondo merupakan salah satu pencetus Sumpah Pemuda dan berperan menjadi Ketua Kongres.

2. Mohammad Yamin

Tokoh selanjutnya adalah Mohammad Yamin. Sebagai perwakilan dari Jong Sumatranen Bond, Mohammad Yamin memiliki peran yang sangat penting dalam mencetuskan sumpah pemuda.

Mohammad Yamin yang dikenal sebagai perumus teks Sumpah Pemuda ini juga menjadi tokoh yang mengusung Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan kita.

3. Soenario Sastrowardoyo

Soenario Sastrowardoyo menjadi sosok yang sukses memberikan semangat kepada para peserta kongres saat itu.  Apalagi di saat kongres Soenario merupakan penasehat dalam Kongres Pemuda II dan juga sebagai penyampai pidato berjudul “Pergerakan Pemuda dan Persatuan Indonesia”.

4. Wage Rudolf Soepratman

Tokoh yang satu ini menjadi sosok penting dalam pencetusan Sumpah Pemuda. Di dalam kongres, Wage Rudolf Soepratman memperkenalkan lagu ciptaannya yang kini menjadi lagu kebangsaan Indonesia yaitu Indonesia Raya.

Nah, selain keempat tokoh ini, ada beberapa tokoh-tokoh lainnya yang sangat berperan penting dalam pelaksanaan Kongres Pemuda II tersebut urbanreaders.

Yup, mereka adalah orang-orang yang berperan sebagai panitia dalam pelaksanaan kongres tersebut.

Berikut susunan panitia Sumpah Pemuda;

Ketua: Soegondo Jojopoespito

Wakil Ketua: R.M. Joko Marsaid dari Jong Java

Sekretaris: Mohammad Yamin dari Jong Sumatranen Bond

Bendahara: Amir Sjarifudin dari Jong Bataks Bond

Pembantu I: Johan Mohammad Cai dari Jong Islamieten Bond

Pembantu II: R. Katjasoengkana - Pemuda Indonesia

Pembantu III: R.C.I. Sendoek - Jong Celebes

Pembantu IV: Johannes Leimena - Jong Ambon, dan

Pembantu V: Mohammad Rochjani Su'ud - Pemuda Kaum Betawi

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait