menu
user
URtech

Mengenal 'Zoom Fatigue' dan Cara Mengatasinya

Nivita Saldyni,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal 'Zoom Fatigue' dan Cara Mengatasinya
Image: Ilustrasi meeting online. (freepik/rawpixel.com)

Jakarta - Sejak virus corona mewabah, banyak kegiatan maupun pekerjaan yang harus beralih ke online. Alhasil kita jadi lebih sering menatap layar komputer atau laptop  dibandingkan sebelumnya. 

Nah, tingginya intensitas melakukan meeting online biasanya akan membuat kita mengalami 'Zoom Fatigue'. Apa itu 'Zoom Fatigue'?

Dilansir dari Life Hacker, sebuah studi terbaru dari tim peneliti di Departemen Komunikasi Universitas Stanford mengatakan bahwa fenomena ini menyebabkan seseorang  kelelahan, gelisah, dan stres saat melakukan kegiatan meeting online. Bukan hanya lewat Zoom, tapi aplikasi video sejenis lainnya.

Tenang aja guys, ada hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini loh. Tapi sebelum itu, yuk kita ketahui dulu apa sih penyebabnya?

Ada beberapa hal yang menyebabkan kita mengalami 'Zoom Fatigue'. Mulai dari kontak mata yang intens, kurangnya gerak selama meeting online, hingga merasa penampilan kurang ok selama meeting online.

Nah untuk mengatasinya, setidaknya ada beberapa cara yang bisa kamu coba guys seperti yang Urbanasia rangkum dari berbagai sumber berikut ini:

1614926348-woman-making-video-call-freepik-rawpixelcom.jpgIlustrasi meeting online. (freepik/tirachardz)

1. Persiapkan penampilan dan mindset

Selain mempersiapkan materi untuk meeting online, mempersiapkan penampilan juga penting guys. Bahkan meski peserta lain tak melihatmu secara langsung, menggunakan pakaian yang rapi secara lengkap dan merias diri saat meeting online. Penampilan yang baik bakal membantu kita lebih percaya diri.

Nah dengan penampilan yang sesuai kebutuhan inilah, maka mindset kamu otomatis menyesuaikan. Baik untuk belajar ataupun bekerja, bahkan meski kamu ada di rumah. Kemudian setelah urusan itu selesai, langsung ganti dengan baju yang santai agar mindset ikut menyesuaikan.

2. Hindari menggunakan pengaturan layar penuh

Kalau kamu kurang nyaman dan selalu merasa cemas dengan penampilanmu, kamu bisa menghindari pengaturan layar penuh saat melakukan meeting online. Dengan begitu kamu bisa mengurangi rasa cemas karena harus menatap peserta lain karena mereka akan terlihat sedikit lebih kecil di layar.

3. Nyalakan kamera hanya saat diperlukan

Kamu nggak perlu kok menyalakan kamera di setiap pertemuan. Jika memang sedang merasa tak nyaman, kamu boleh mematikannya. Kemudian nyalakan saat kamu harus mempresentasikan sesuatu. Gak ada salahnya kok hanya menyalakan kamera di saat-saat yang dibutuhkan saja.

4. Istirahat mata sejenak dari layar

Saat melakukan meeting online, jangan lupa ambil jeda untuk istirahat guys. Kalau tidak, mata kamu bakal kelelahan tuh karena terlalu dipaksakan.

Kamu bisa mengambil waktu setiap 15 atau 20 menit sekali untuk mengalihkan pandangan dari layar komputer, laptop, atau handphone. Lihat objek lain di sekelilingmu selama beberapa menit. Kemudian lakukan gerakan sederhana untuk melemaskan otot-otot yang tegang. Jangan lupa, minum segelas air dan ambil nafas dalam sebelum kembali ke meeting online.

5. Fokus saat meeting online

Saat sedang melakukan meeting online pastikan kamu menyingkirkan pekerjaan lain yang akan membuat pikiran terpecah. Misalnya saat meeting online dimulai, maka tinggalkan sejenak pekerjaan lainnya. Alihkan handphone ke mode pesawat atau kunci pintu ruangan agar tak ada gangguan. 

Dengan berusaha fokus pada meeting online yang sedang kamu ikuti, pikiran kamu akan lebih terarah sehingga tak akan membuatnya kelelahan ataupun stres.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait