menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Mengintip Sejarah Hari Bumi 22 April dan Tema Hari Bumi 2021

Nivita Saldyni,
16 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengintip Sejarah Hari Bumi 22 April dan Tema Hari Bumi 2021
Image: Peringatan Hari Bumi (Ilustrasi: Freepik/kroshka_nastya)

 

Jakarta – Tahukah kamu bahwa hari ini, Kamis (22/4/2021) adalah Hari Bumi? Yap, setiap tahun masyarakat dunia memperingati Hari Bumi pada 22 April sejak tahun 1970.

Dilansir dari situs Earth Day, Hari Bumi pertama kali disuarakan pada 1970 dalam bentuk gerakan lingkungan modern yang menyuarakan kesadaran publik atas keadaan planet biru ini. Idenya lahir dari seorang senator Amerika Serikat bernama Gaylord Nelson yang khawatir tentang lingkungan Amerika Serikat yang kian memburuk.

Berbagai tantangan lingkungan menjadi pemicunya, mulai dari polusi udara dan air, kabut asap akibat kebakaran hutan, hingga tumpahan minyak besar-besaran yang terjadi di California pada 1969. Sejak saat itulah, Nelson yang terinspirasi dari gerakan protes mahasiswa terhadap anti-perang mulai menanamkan kesadaran publik tentang polusi udara  dan air untuk mengajar di kampus-kampus sebagai pengajar lingkungan. Konsep Hari Bumi sendiri telah diumumkan Nelson sejak 1969 lewat konferensi pers di Seattle.

Kemudian pada 22 April 1970, Hari Bumi pertama digelar dengan aksi unjuk rasa besar-besaran terjadi di sejumlah kota di Amerika Serikat. Dikutip dari History, sekitar 20 juta orang turun ke jalan untuk menyuarakan aspirasinya dan mengungkapkan keprihatinan tentang apa yang terjadi pada lingkungan. Sejak saat itulah, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebutnya dengan nama ‘Hari Bumi Internasional’. Sejak saat itu juga 22 April diperingati setiap tahun untuk menyoroti masalah-masalah lingkungan seperti perubahan iklim, hilangnya keanekaragaman hayati, dan banyak lagi lainnya.

Tema Hari Bumi 2021 : ‘Restore Our Earth’              

Tema peringatan Hari Bumi ke-51 yang jatuh pada tahun ini adalah ‘Restore Our Earth’ atau Pulihkan Bumi Kita. Seperti yang tertulis dalam situs Earth Day, tema kali ini berfokus pada proses alam, teknologi hijau yang tengah berkembang, dan pemikiran inovatif yang dapat memulihkan ekosistem dunia. Tema ini menolak anggapan bahwa mitigasi atau adaptasi adalah satu-satunya cara untuk mengatasi perubahan iklim.

“Memulihkan Bumi kita bukan hanya karena kita peduli dengan alam, tetapi karena kita hidup di atasnya. Kita semua membutuhkan Bumi yang sehat untuk mendukung pekerjaan, mata pencaharian, kesehatan dan kelangsungan hidup, serta kebahagiaan kita. Planet yang sehat bukanlah pilihan, ini adalah kebutuhan,” tulis Earth Day dikutip Urbanasia pada Kamis (22/4/2021).

Nah, untuk jadi bagian dari Hari Bumi kamu tak perlu melakukan hal-hal besar loh. Kamu bisa memberikan hadiah kecil untuk Bumi dengan melakukan hal-hal sederhana, seperti membersihkan lingkungan sekitar, tidak membuang sampah sembarangan, beralih ke barang-barang ramah lingkungan, menghemat penggunaan listrik, menanam pohon, hingga membagikan pikiranmu dan mengajak orang lain untuk ikut berpartisipasi dalam Hari Bumi di media sosial. Mudah kan?

Selamat merayakan Hari Bumi, Urbanreaders!

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait