menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtrending

Menikmati Sederet Lukisan Karya Seniman Kota Malang di Pasar Seni Bareng

Nunung Nasikhah,
lebih dari 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Menikmati Sederet Lukisan Karya Seniman Kota Malang di Pasar Seni Bareng
Image: Pameran lukisan di Pasar Seni Bareng. (Antara)

Malang – Pesona pariwisata di Kota Malang memang tiada habisnya. Belum lama ini, satu destinasi wisata baru kembali diluncurkan. Spot wisata satu ini dinamai Pasar Seni Bareng. Sangat cocok bagi kalian pecinta seni dan budaya.

Pasar seni yang berlokasi di jalan Terusan Ijen, kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen ini memang sekilas seperti pasar rakyat pada umumnya.

Dari depan, gedung pasar ini tampak biasa. Di lantai bawah, dipenuhi dengan para pedagang yang menjual kebutuhan pokok. Ya seperti pasar-pasar tradisional yang sering kalian temui.

Sementara di lantai 2 gedung ini dipenuhi oleh pedagang-pedagang pakaian. Nah, Pasar Seni Bareng ini ternyata ada di lantai 3, guys. Suasananya akan tampak kontras dengan kondisi di lantai 1 dan 2.

Baca juga: Bidik Pasar AS, Jawa Timur Promosikan Produk Unggulan Termasuk Bromo

Memasuki area Pasar Seni Bareng ini, pengunjung akan disuguhi dengan sederet karya seni milik seniman Kota Malang. Utamanya adalah karya seni lukis. Apalagi sejak tanggal 11 hingga 18 Januari 2020 ini dihelat event Bursa dan Pameran Seni Rupa 2020 di Pasar Seni ini, guys.

Pengunjung bisa dengan leluasa menikmati pameran lukisan yang mempesona. Selain itu juga menikmati karya seni lain seperti keris, topeng hingga barang-barang antik yang sarat nilai estetika.

Pada agenda Bursa dan Pameran Seni Rupa 2020 ini, setiap hari pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai kegiatan kesenian seperti sarasehan seni dan budaya termasuk di dalamnya edukasi pembuatan topeng serta batik bagi pengunjung.

Nah, kegiatan semacam ini rencananya juga akan terus dilakukan di luar event Bursa dan Pameran Seni Rupa. Tujuannya sih untuk menarik minat wisatawan, guys.

Baca juga: Menikmati Keindahan Hutan Mangrove Seluas 183 Hektar di Pasuruan

Di Pasar Seni Bareng ini juga terdapat banyak stand kuliner khas Kota Malang. Wah, bisa sekalian nyicip makanan enak khas Malang nih.

Kabarnya, Pasar Seni Bareng ini menjadi media berekspresi para seniman Kota Malang, guys. Sehingga tak heran jika banyak hasil kesenian dan budaya karya para seniman yang ikut dipamerkan di Pasar ini.

Di samping sebagai media berekspresi, keberadaan Pasar Seni Bareng ini ternyata juga memiliki misi lain, guys.

Ketua Komunitas Lintas Seni Budaya Kota Malang Djoko Rendy mengatakan, salah satunya adalah edukasi seni dan budaya Kota Malang, terutama bagi para wisatawan.

Baca juga: Indonesia Kurangi Promosi Bali di ASEAN Tourism Forum 2020, Apa Alasannya?

"Yang kami tawarkan di sini untuk wisata antara lain adalah wisata edukasi, seperti membuat topeng bagi para wisatawan, yang nantinya bisa mereka bawa pulang," ungkap Djoko dilansir dari Antara.

Di samping itu, Djoko juga berharap, Pasar Seni Bareng mampu menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kota Malang.

"Harapan kami dari komunitas, bisa memperkenalkan seni dan budaya sedini mungkin, dan ada wisatawan yang mampir ke Pasar Seni Bareng," tegas Djoko.

Nah, rencananya, para seniman yang bermarkas di Pasar Seni Bareng itu juga bakal membuka Café Budaya dan Museum Karya Seni Arek-Arek Malang. Café budaya ini menjadi jembatan komunikasi antara seniman dan pecinta seni budaya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait