beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

Mesin Motor Overheat? Simak Cara Menanganinya Berikut Ini!

Hanisa Sutoyo,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mesin Motor Overheat? Simak Cara Menanganinya Berikut Ini!
Image: Cover ilustrasi mesin motor (Freepik/ArthurHidden)

Jakarta - Berkendara dengan motor memang sangat memudahkan rutinitas manusia. Karena itu, sejumlah orang sering memanfaatkan kendaraan ini. Namun, jika terlalu sering dipakai dan jarang dirawat, bisa menyebabkan mesin motor kamu overheat.

Jika sudah terjadi dan dibiarkan serta dipaksa untuk jalan, resiko turun mesin akan semakin besar, sehingga membutuhkan biaya besar untuk memperbaikinya. 

Namun, jangan khawatir ya, Urbanreaders. Tips dan trik di bawah ini bisa membantu kamu mengatasi masalah mesin motor overheat.  

1. Mengetahui Penyebab Overheat

95% overheat pada sepeda motor terjadi karena sirkulasi oli yang terhambat. Bisa jadi karena oli yang tak kunjung diisi, atau bisa jadi kondisi oli sudah tidak prima atau terlampau encer untuk digunakan. Ketika sudah terjadi, maka ring piston perlahan mengering dan bisa membuat mesinmu tidak bekerja. 

Biasanya, hal ini terjadi pada motor yang sudah mengalami bore up. Piston yang tidak standar dan kurang pas juga bisa membuat clearance piston yang terlalu cepat. Sehingga piston akan menjadi kering. Selain itu, ketika motor overheat, piston akan memuai dan pergerakannya semakin tersendat. Pada akhirnya motormu akan kehilangan tenaga dan mati.

2. Cari Tahu Pertolongan Pertama

Pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah membiarkan mesinnya dingin terlebih dahulu, dengan mematikannya dan parkir di tempat yang teduh. Terlebih jika ada bengkel di sekitar kamu, jadi bisa langsung menangani motormu lebih awal.

Setelah mesinnya dingin, kamu bisa membuka katup busi dan mencopot businya. Berikan oli baru melalui lubang busi tersebut. Setelah itu, nyalakan dan panasi secara perlahan dengan tujuan menghindari suara berisik serta menghindari piston motor cedera.

3. Hindari Terjadinya Overheat

Mencegah motor supaya tidak overheat salah satunya dengan rutin mengganti oli dan rutin mengisi bensin motor. Gunakan oli dengan kualitas maksimal ya, Urbanreaders. Walaupun harganya lebih mahal, namun terbilang worth it untuk dibeli.

Selain itu seiring majunya teknologi pendinginan dari motor, banyak muncul motor yang menggunakan coolant sebagai pendingin untuk menjaga suhu motor tetap pada temperatur yang optimal. 

Memanaskan motor pun juga jadi hal yang penting untuk menghindari overheat. Namun, jangan kelamaan ya, sebab berpeluang besar untuk mengalami overheat. Cukup 2 menit saja untuk hasil yang optimal.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait