Hot News

Jakarta - Setelah gagal berkumpul dengan keluarga di momen Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha di tengah pandemi COVID-19 tahun ini tampaknya tak mau dilewatkan umat muslim untuk pulang kampung. Hal ini tampak dari jumlah penumpang kereta api (KA) jarak jauh yang melonjak jelang Idul Adha.

PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta menyebut jumlah penumpang 11 kereta api (KA) jarak jauh ke berbagai jurusan yang beroperasi dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, Jakarta pada Kamis (30/7/2020) mencapai 3.958 orang, Urbanreaders. Jumlah ini ternyata hampir mencapai 90 persen dari ketersediaan tempat duduk loh, guys.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa dalam keterangan resminya di Jakarta mengatakan jumlah ketersediaan tempat duduk jelang Hari Raya Idul Adha, Kamis (30/7/2020) mencapai 4.385 kursi.

"Jumlah ketersediaan tempat duduk tersebut merupakan kuota yang telah dibatasi 70 persen dari total kapasitas normal. Pembatasan dilakukan untuk penjagaan jarak di dalam rangkaian kereta," kata Eva lewat keterangan resminya.

Bahkan jumlah penumpang masih cukup tinggi pada Jumat (31/7/2020). Eva mencatat dari 7 KA yang dioperasikan pihaknya selama Hari Raya Idul Adha tahun ini, ada sekitar 2.600 kursi yang telah dipesan secara online dari 3.155 kursi yang disediakan.

Meski jumlah penumpang meningkat sekitar dua kali lipat dari akhir pekan minggu lalu, Eva memastikan bahwa protokol kesehatan pencegahan COVID-19 tetap berjalan lancar, baik di stasiun maupun di dalam rangkaian kereta.

Nah, pada pengoperasian KA jarak jauh di area Daop 1 Jakarta, aturan suhu tubuh normal dan memiliki berkas hasil Rapid atau PCR test yang berlaku 14 hari masih menjadi syarat wajib yang harus dipatuhi calon penumpang nih guys.

"Jika salah satu persyaratan tersebut tidak dapat dipenuhi maka calon penumpang tidak dapat melanjutkan perjalanan dan biaya tiket akan langsung diganti 100 persen melalui bantuan petugas," jelasnya.

Selain itu, penumpang juga diimbau untuk selalu menggunakan masker dan face shield selama menggunakan jasa perjalanan kereta. Penumpang juga mengikuti pemeriksaan suhu tubuh secara berkala sepanjang perjalanan kereta, Urbanreaders.

Eva menambahkan bahwa pihaknya mengimbau siapapun yang akan melakukan perjalanan dengan kereta api, agar menggunakan baju berlengan panjang atau jaket, jaga jarak fisik selama di perjalanan, dan rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau menggunakan handsanitizer.


Loading ..