beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Mitos Diet yang Keliru, Malah Bisa Bikin Dietmu Gagal

Anisa Kurniasih,
lebih dari 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mitos Diet yang Keliru, Malah Bisa Bikin Dietmu Gagal
Image: Ilustrasi diet. (Pixabay)

Jakarta - Usaha untuk menurunkan berat badan memang membutuhkan banyak sekali usaha. Nggak heran kalau ada yang mencoba mengambil jalan pintas dengan harapan dapat mempercepat hasil yang diinginkan.

Sah-sah aja sih kalau banyak orang mencoba berbagai cara diet tersebut. Tapi sebaiknya nih guys, sebelum berdiet kamu harus tahu dulu apakah cara yang kamu pilih sudah benar.

Jangan sampai kamu malah mengikuti saran yang ternyata justru membuat dietmu gagal. Seringkali tips atau nasihat dari orang itu cuma mitos loh, bukannya turun berat badan justru tubuh jadi tidak sehat.

Nah, berikut ini ada sederet mitos diet yang harus kamu tahu agar kamu nggak keliru lagi!

Baca juga: Tips Anti Gendut Selama Bulan Puasa dari Sabrina Chairunnisa

1.Tidak makan apapun setelah pukul 09.00 malam

Sering banget kan ya kita disarankan untuk makan malam lebih awal. Hal ini tidak sepenuhnya salah, karena metabolisme tubuh memang melambat di saat malam.

Akan tetapi guys, tubuh tetap memerlukan bahan bakar loh yang berfungsi untuk melakukan kegiatan di malam hari.

Jadi, kalau makan malam lebih awal, dan merasa lapar beberapa jam kemudian, jangan menyiksa diri dengan rasa lapar. Kamu masih bisa ngemil buah kering, segelas susu skim atau sebuah apel. Makanan tersebut akan cukup kok untuk mengganjal rasa lapar tanpa menambah berat badan.

Baca juga: 5 Makanan Ini Bisa Hilangkan Bad Mood Kamu, Lho!

2. Tinggalkan sarapan

Nah hal kedua ini merupakan mitos yang juga keliru, karena sarapan menjadi bagian penting dari diet menurunkan berat badan.

Jika kamu tidak sarapan di pagi hari, kadar gula darah yang rendah dapat memicu peningkatan hormon lapar. Kamu bisa merasa kelaparan saat jam makan siang tiba, atau bahkan sebelumnya. Efeknya, keinginan untuk mengkonsumsi makanan tidak sehat dan makanan berlemak malah akan jauh lebih besar.

**3. Pantang makan karbohidrat

Mengurangi karbohidrat adalah salah satu strategi diet yang banyak dipakai nih. Cara ini tidak hanya efektif untuk menurunkan berat badan tetapi juga berdampak positif bagi kesehatan meski kamu sudah memiliki berat badan yang sehat.

Sebenarnya, karbohidrat bisa terdiri dari dua jenis yakni sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana mengandung gula dan lemak jenuh, sedangkan kompleks justru sebaliknya.

Nah buah dan sayuran yang memiliki kandungan karbohidrat justru bisa membantu dalam menjaga berat badan dan membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: Ini 6 Makanan yang Tetap Bikin Sehat Saat Musim Hujan

**4. Daging bisa bikin gemuk

Daging adalah sumber protein yang baik dan bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, malah bisa membantu menurunkan berat badan loh. Daging juga meningkatkan otot dan membantu membakar lemak. Tapi kalau mnegonsumsinya berlebihan bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

5. Minum air putih sebelum makan

Minum air putih sebelum makan adalah hal yang paling sering disebar dan dipercayai dalam metode diet. Tapi nyatanya guys, minum air banyak memang membuat kamu kenyang untuk sementara dan air akan dicerna dengan cepat, sehingga membuat lebih cepat lapar.

Meski begitu, makanan dengan kandungan air yang tinggi dicerna lebih lambat. Sehingga kalau kamu makan timun, jeruk, tomat atau melon sebelum makan,kamu akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu, makanan tersebut juga memberikan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh loh.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait