Jakarta - Suzuki masih ingin meraih hasil sebaik mungkin di MotoGP Portugal akhir pekan ini. Pabrikan asal Jepang itu bertekad meraih triple crown alias sapu bersih juara dunia.

Akhir pekan lalu menyenangkan sekali untuk Suzuki. Pebalapnya Joan Mir memastikan diri jadi juara dunia usai finis ketujuh di balapan MotoGP Valencia, Minggu (15/11/2020) di sirkuit Ricardo Tormo.

Baca Juga: Jos! Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020!

Dengan satu balapan tersisa, torehan 171 poin milik Joan Mir takkan lagi terkejar oleh para pesaing terdekatnya seperti  Franco Morbidelli (142 poin) dan Alex Rins (138 poin).

Joan Mir saat itu juga jadi pebalap non-Yamaha atau Honda pertama yang jadi juara dunia setelah Casey Stoner bersama Ducati pada 2007. Dia juga jadi juara dunia Moto3 pertama yang berhasil jadi juara dunia MotoGP.

Kehebatan Joan Mir pekan lalu juga memastikan Suzuki Ecstar meraih gelar juara dunia tim. Dengan 309 poin, maka perolehan poin Suzuki takkan bisa terkejar lagi oleh Petronas Yamaha SRT yang berada di posisi kedua dengan 230 poin.

Kini tinggl satu lagi yang diperlukan Suzuki untuk bisa menyapu bersih alias triple crown, yakni gelar juara dunia konstruktor. Saat ini Suzuki masih bersaing ketat dengan Ducati di klasemen konstruktor dengan sama-sama mengoleksi 201 poin.

Bisakah Suzuki menyapu bersih pada balapan MotoGP Portugal di Portimao, Minggu (22/11/2020) malam WIB besok? Kita tunggu saja.

Komentar
paper plane