menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URamadan

Mudik 2021, PT KAI Perketat Syarat Perjalanan Kereta Jarak Jauh

Shelly Lisdya,
16 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mudik 2021, PT KAI Perketat Syarat Perjalanan Kereta Jarak Jauh
Image: Ilustrasi - Calon penumpang KA melakukan pemeriksaan Rapid Antigen. (Dok. KAI)

Jakarta - Terdapat perubahan masa berlaku hasil tes bebas COVID-19 RT-PCR dan Antigen untuk persyaratan naik Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ). Perubahan tersebut diberlakukan sejak Sabtu, 24 April 2021. 

Sebelumnya, hasil tes bebas COVID-19 berlaku 3x24 jam sebelum keberangkatan, kini menjadi maksimal 1x24 jam. Aturan ini berlaku mulai 24 April hingga 5 Mei 2021 dan 18 Mei hingga 24 Mei 2021. Sementara untuk hasil negatif GeNose C19 masa berlaku tetap 1x24 jam. 

Apabila memilih melakukan tes GeNose atau Rapid Antigen di Stasiun, maka tidak melakukan proses tersebut pada jam yang berdekatan dengan waktu keberangkatan. 

Sementara bagi masyarakat yang akan menggunakan jasa KA, KAI telah menyediakan layanan pemeriksaan Rapid Test Antigen seharga Rp 85 ribu di 42 Stasiun serta pemeriksaan GeNose C19 seharga Rp 30 ribu di 44 Stasiun.

Terdapat 42 stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan Rapid test Antigen, yakni Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar, Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Semarang Poncol, Semarang Tawang, Tegal, Pekalongan, Cepu, Purwokerto, Kutoarjo, Kroya, Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan, Madiun, Blitar, Jombang, Kediri, Kertosono, Tulungagung, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Jember, Ketapang, Kertapati, Lahat, Lubuk Linggau, Muara Enim, Prabumulih, Tebing Tinggi, Tanjungkarang, Kotabumi, dan Baturaja.

Sedangkan 44 Stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19, yakni Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar, Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, Pekalongan, Cepu, Purwokerto, Kutoarjo, Kroya, Kebumen, Gombong, Sidareja, Yogyakarta, Solo Balapan, Lempuyangan, Purwosari, Klaten, Wates, Madiun, Jombang, Blitar, Kediri, Tulungagung, Kertosono, Nganjuk, Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng, Malang, Sidoarjo, Lamongan, Mojokerto, Jember, Ketapang, Probolinggo, dan Kalisetail.

Sementara iru, Daop 1 Jakarta mengimbau pengguna yang akan berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen dapat mengatur waktu perjalanannya dengan baik. 

Di wilayah Daop 1 Jakarta terdapat tiga Stasiun yang memiliki layanan pemeriksaan COVID-19 untuk penumpang KA, di antaranya Stasiun Gambir dan Pasar Senen yang memiliki layanan GeNose test dan Rapid Antigen.

Lainnya, yakni di Stasiun Bekasi dengan layanan yang tersedia GeNose Test. Adapun Jam Operasional layanan di Stasiun setiap hari mulai pukul 07.00 WIB s.d 19.00 WIB.

Untuk keberangkatan pengguna jasa dari wilayah Daop 1 Jakarta seperti Stasiun Pasar Senen dan Gambir pekan ini terpantau normal atau tidak terjadi lonjakan. Jumlah perjalanan KA yang beroperasi tetap sama dengan pekan sebelumnya. 

Selama pandemi, PT KAI terus mengedepankan protokol kesehatan secara konsisten. Sebagai bentuk dukungan penuh maka sejumlah aturan yang diterapkan pada perjalanan KA juga mengacu pada kebijakan pemerintah. Salah satunya pembatasan kapasitas volume penumpang maksimal 70 persen di setiap rangkaian serta kewajiban para calon pengguna memiliki berkas pemeriksaan deteksi COVID-19 dengan hasil negatif. 

KAI mendukung penuh seluruh upaya pemerintah terkait penanganan COVID-19 dan akan mengikuti seluruh kebijakan yang telah ditetapkan pada sektor transportasi. Jika terdapat perubahan atau kebijakan baru sosialisasi akan segera dilakukan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait