menu
user
URnews

Naik KA Jarak Jauh Kini Nggak Diberi Face Shield, Ini Penggantinya!

Kintan Lestari,
9 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Naik KA Jarak Jauh Kini Nggak Diberi Face Shield, Ini Penggantinya!
Image: Ilustrasi Kereta Api Jarak Jauh. (Instagram @keretaapikita)

Jakarta - Kereta Api (KA) Jarak Jauh sebelumnya memberikan face shield pada penumpang kereta. Namun kini tidak lagi, guys.

Sebagai gantinya, pihak KAI memberikan paket healthy kit seperti yang diunggah pemilik akun Twitter @Indrayann_. Tampak dalam foto, paket tersebut berisikan masker, tisu basah, dan semacam plastik zip lock.

Vice President (VP) Public Relations KAI Joni Martinus pun membenarkan postingan pemilik akun Twitter @Indrayann_. 

Ia memaparkan kalau kini pengguna KA Jarak Jauh memang tidak diberikan lagi face shield, melainkan paket healthy kit.

"Jadi ada healthy kits-nya ada 3 item yang didapatkan pelanggan, yaitu Masker KF94, tisu basah, dan packaging (zipper) berukuran 12cm x 22 cm," ujar Joni saat dihubungi Urbanasia.

Joni memaparkan pemberian healthy kits tersebut sudah berlangsung sejak kemarin (6/4/2021). Paket tersebut diberikan pada penumpang KA Jarak Jauh di semua kelas.

Alasan penumpang KA Jarak Jauh kini tidak lagi diberi face shield disebutkannya karena mengacu pada Surat Edaran (SE) No. 12 Satgas Penanganan COVID-19 dan SE No. 27 Kementerian Perhubungan. 

"Alat Pelindung Diri (APD) yang wajib dipakai oleh pelanggan KA jarak jauh adalah masker kain 3 lapis atau masker medis," terang Joni.

Joni menyatakan penumpang tetap dibolehkan membawa face shield sendiri dan memakai masker mereka sendiri, asalkan maskernya memenuhi standar yakni masker kain 3 lapis atau masker medis.

Di tengah kondisi pandemi, Joni mengingatkan agar penumpang KA Jarak Jauh memenuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan, seperti membawa hasil negatif pemeriksaan Rapid Test/RT-PCR/GeNose C19.

Penumpang juga harus dalam kondisi sehat, suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, memakai masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutupi hidung dan mulut, menerapkan physical distancing 70% di dalam KA, serta selalu menjaga kebersihan dalam perjalanan KA.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait