Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

NCTzen Ngamuk! Nama Jeno NCT Dipakai di Novel dan Series Tanpa Izin

Kintan Lestari,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
NCTzen Ngamuk! Nama Jeno NCT Dipakai di Novel dan Series Tanpa Izin
Image: Lee Jeno. (Instagram @nct_dream)

Jakarta - NCTzen (nama fandom NCT) tengah menyuarakan kekesalan mereka di Twitter. Penyebabnya karena nama salah satu member NCT Dream, yakni Jeno, tercantum di sebuah novel dan juga serial.

Jadi novel berjudul 'Dikta dan Hukum' karya penulis Indonesia Dhian Farah, yang bermula dari AU (Alternate Universe) di Twitter, diadaptasi jadi series dan ditayangkan di platform streaming.

Rupanya novel Alternate Universe fanfiction ini menggunakan tokoh dari member NCT sebagai karakter utamanya, yakni Dooyoung NCT. Selain Dooyoung, di novel tersebut juga ada Jeno NCT.

Di novelnya, Dooyoung NCT diganti namanya menjadi Dikta, sang karakter utama yang merupakan anak hukum. Sementara nama Jeno tidak diganti.

Saat diadaptasi jadi serial televisi yang dibintangi Natasha Wilona, Ajil Ditto, Yoriko Angeline, dan Abun Sungkar itu, rupanya nama Jeno tetap tidak diubah. Hal ini kemudian jadi kontroversi.

Menurut penggemar, nama Jeno bukan sekadar nama pribadi, tapi juga branding-nya sebagai artis. 

Kehebohan soal nama Jeno pun ramai dibicarakan di media sosial, bahkan sampai masuk ke portal artikel Korea yakni Koreaboo sehingga jadi trending topic di Twitter siang hari ini (1/12/2021).

Penggemar meminta penulis klarifikasi apakah dirinya sudah minta izin pada agensi SM Entertainment untuk memakai nama Jeno tanpa diubah karena karya AU-nya sudah dikomersialkan, baik dalam bentuk novel maupun series.

"Udah parah bgt sih ini sampe masuk koreaboo, kecil kemungkinan jeno tau. Gua kaga ikut baca, kaga ikut beli novel, kaga ikut excited, malah ikut menanggung malu WKWKWK," komentar seorang penggemar.

"Lagian kenapa ga dilokalin aja sih. Kan permintaan nya ga muluk2. Cuma mau nama Jeno dilokalin aja kan. Hdh hdh hdh," cuit yang lain.

"Sebelum dikomersilkan juga harusnya udah mikir dan siap2 buat ganti2in nama dulu dong?? Kalo tetep ngeyel kan gini jadinya, ya salah dia sendiri. Ini bukan telat nyadar, tp emang dibodoamatin sama dia," tulis yang lainnya.

 

Gimana nih menurut kalian, Urbanreaders?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait