URnews

5 Tips Bijak Kelola Uang THR, Jangan Cuma Numpang Lewat!

William Ciputra, Minggu, 31 Maret 2024 11.32 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Bijak Kelola Uang THR, Jangan Cuma Numpang Lewat!
Image: Ilustrasi - Tunjangan Hari Raya (THR). (Pixabay)

Jakarta - Tunjangan Hari Raya (THR) salah satu yang paling dinantikan bagi para pekerja. Mengelola THR secara lebih bijak dan sesuai kemampuan sangat penting agar masyarakat bisa memenuhi berbagai kebutuhan jelang Lebaran tanpa menghabiskan THR tersebut.

Dalam Laporan trade Desk 2024, sebanyak 67% masyarakat Indonesia berencana mengalokasikan 1/4 dana THR mereka untuk pembelanjaan di Ramadan 2024. Angka ini meningkat 26% dari angka di Ramadan 2023 lalu.

Maka dari itu, mengelola uang THR dengan bijak sangat penting agar THR tidak cuma numpang lewat di ATM!

5 Tips Mengelola Uang THR Lebaran

Kebutuhan saat Idul Fitri biasanya mendorong masyarakat untuk mengeluarkan dana lebih dari hari biasanya dengan mengandalkan THR Lebaran. 

Agar THR tidak habis begitu saja, Tokopedia bersama TikTok membagi lima cara mengelola dana THR dengan lebih bijak.

1. Sisihkan dana untuk zakat fitrah

Selain membeli bahan baku hidangan khas untuk Idulfitri nanti, siapkan pula dana untuk bayar zakat fitrah. Tokopedia sendiri memiliki fitur Zakat Fitrah yang bisa secara online.

External Comm. Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz mengatakan, Tokopedia sudah bekerja sama dengan sejumlah lembaga BAZNAS, LAZIS NU, Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, Rumah Zakat untuk penyaluran zakat fitrah yang dibayarkan masyarakat.

“Tokopedia telah menghadirkan berbagai pilihan fitur untuk mempermudah masyarakat dalam berbagi kebaikan, tidak terkecuali selama Ramadan 2024, mulai dari Zakat Fitrah, Donasi, Wakaf, Fidyah, Zakat Maal dan lain-lainnya,” katanya dikutip Minggu (31/3/2024).

2. Berbagi gift card online

Setelah membayar zakat fitrah, sisihkan dana THR untuk berbagi kebahagiaan dengan keluarga. Selain memberikan ‘salam tempel’ atau uang tunai, Gift Card Tokopedia bisa jadi pilihan. 

Melalui Gift Card Tokopedia, pengguna Tokopedia dapat memberikan voucher dengan pilihan template menarik sebagai hadiah Lebaran yang lebih praktis dan aman, serta memberikan kesan lebih personal.

3. Beli baju dari brand lokal

Mengenakan baju baru saat Lebaran merupakan salah satu tradisi masyarakat Indonesia. Agar pengeluaran THR tidak berlebihan, masyarakat diimbau untuk memanfaatkan cashback atau diskon saat berbelanja baju Lebaran. 

Misalnya, memanfaatkan kampanye online Tokopedia Fashion Ramadan untuk mendapatkan berbagai pilihan baju Lebaran buatan brand lokal untuk sekeluarga.

4. Kirim hampers kepada kerabat

Kamu tetap dapat menunjukkan rasa sayang kepada kerabat di luar kota dengan mengirimkan hampers spesial Lebaran. 

Manfaatkan fitur Bagikan Alamat untuk mengirim hampers dengan lebih mudah di aplikasi Tokopedia sehingga pengguna tidak perlu memasukkan alamat yang dituju secara manual. 

Pengguna dapat meminta keluarga atau teman untuk mengirimkan alamat, atau pengguna dapat langsung membagikan alamat ke pengguna Tokopedia lainnya.

5. Sisihkan untuk mudik

Bagi yang merencanakan pulang kampung saat Lebaran, manfaatkan promo-promo menarik untuk mendapatkan tiket pulang mudik dengan harga lebih hemat sehingga dana THR tetap aman. 

Pantau promo-promo eksklusif yang ditawarkan di kampanye Tokopedia Fantastrip, mulai dari diskon hingga 55%, cashback, flash sale dan masih banyak lagi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait