URnews

Berkunjung ke Lampung, Jokowi dan Rombongan Pilih Lewat Jalan Rusak

William Ciputra, Jumat, 5 Mei 2023 16.49 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Berkunjung ke Lampung, Jokowi dan Rombongan Pilih Lewat Jalan Rusak
Image: Mobil 'Indonesia 1' yang ditumpangi Jokowi saat melintas di jalanan rusak di Lampung. (Istimewa)

Jakarta - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung pada hari ini, Jumat (5/5/2023). 

Kunjungan ini dilakukan untuk meninjau sejumlah titik, termasuk jalanan rusak di Lampung yang sempat viral beberapa waktu terakhir. 

Jokowi menggunakan mobil sedan dengan pelat ‘Indonesia 1’ saat di Lampung. Namun, Jokowi dan rombongan justru memilih untuk melintas di jalanan rusak. 

Jalanan rusak yang dilewati Jokowi itu adalah Jalan Terusan Ryacudu, Marga Agung, Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. 

Kondisi jalan tersebut tampak tidak diaspal dan banyak lubang di sana-sini. Bahkan lubang jalan itu banyak yang tergenang air. 

Sementara di dalam mobil, Jokowi tampak membuka kaca jendela untuk melihat keadaan. Mobil pun tidak bisa melintas cepat lantaran harus berbelok ke kanan dan kiri untuk menghindari lubang. 

Jokowi Minta PUPR Ambil Alih

Dalam keterangannya, Jokowi meminta agar jalanan rusak di Lampung itu segera dibenahi. Bahkan ia mengultimatum Pemprov Lampung untuk segera melakukan perbaikan. 

“Secepat-cepatnya dimulai, yang rusak, yang kira-kira provinsi tidak memiliki kemampuan, ya akan diambil alih oleh Kementerian PU,” kata Jokowi, dikutip Jumat. 

Menurut Jokowi, memperbaiki jalanan yang rusak sangat penting karena merupakan salah satu dukungan untuk kelancaran mobilitas orang dan barang. 

“Begitu jalan rusak–apalagi jalan produksi–akan mengganggu yang namanya komoditas itu, mobilitas orang, mobilitas barang, biaya logistik akan naik sehingga barang itu tidak bisa bersaing dengan provinsi lain, daerah lain, atau negara lain,” tegasnya pada Kamis kemarin. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait