URnews

'Disabilitas Berdaya', Upaya untuk Mendorong Bisnis UMKM Penyandang Disabilitas

William Ciputra, Selasa, 5 Desember 2023 09.09 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
'Disabilitas Berdaya', Upaya untuk Mendorong Bisnis UMKM Penyandang Disabilitas
Image: Penandatanganan kerja sama DANA dan Yayasan PTI. (Dok: Dana Indonesia)

Jakarta - Dukungan terhadap para penyandang disabilitas tidak hanya berupa fasilitas fisik yang bisa membantu mobilitas mereka saja. Mendukung usaha yang dilakukan juga akan sangat berarti bagi para penyandang disabilitas.

Terlebih, data menunjukkan bahwa mayoritas dari total penyandang disabilitas di Indonesia berprofesi sebagai wirausaha atau menjalankan usaha sendiri.

Untuk itu, DANA berkolaborasi dengan Yayasan Perempuan Tangguh Mandiri Indonesia (PTI) dengan menghadirkan inisiatif bertajuk ‘Disabilitas Berdaya’.

Kolaborasi ini dimaksudkan untuk mendorong inklusivitas keuangan penyandang disabilitas agar mereka meraih kemandirian ekonomi.

1701741979-Disabilitas-Berdaya.jpg Usaha makeup artist yang dijalankan penyandang disabilitas. (Urbanasia)

“DANA melihat potensi UMKM secara menyeluruh dan inklusif termasuk dalam perkembangan UMKM yang dikelola oleh teman-teman disabilitas,” kata Chief Legal & Compliance Officer DANA Indonesia, Dina Artarini, Minggu (3/12/2023). 

Dina mengatakan, saat ini terdapat 720.000 lebih pekerja disabilitas di Indonesia di tahun 2022, jumlah ini meningkat lebih dari 160% dibandingkan tahun sebelumnya. 

Menurut Dina, perkembangan ini harus terus didukung, agar sejalan dengan pemerintah yang telah menempatkan fokusnya terhadap peningkatan kesejahteraan dan aksesibilitas yang inklusif bagi teman-teman disabilitas. 

“Melalui kerja sama ini, kami ingin mendorong teman-teman disabilitas untuk mendapatkan kesempatan yang setara dan layak guna mencapai kebebasan finansial yang independen di masa depan,” imbuhnya.

Kolaborasi kedua belah pihak ditandai dengan penandatanganan kerja sama Disabilitas Berdaya yang bertepatan dengan Hari Disabilitas Internasional 3 Desember. 

1701742019-Disabilitas-Berdaya-.jpg Lukisan karya penyandang disabilitas dipamerkan dalam pameran Karya Tanpa Batas. (Urbanasia)

Pengukuhan kerja sama ini merupakan bagian dari rangkaian pameran ‘Karya Tanpa Batas’ yang berlangsung dari tanggal 3 - 5 Desember 2023, yang menampilkan beragam karya seni buatan penyandang disabilitas.

Menurut Ketua Umum YPTI, Myra Winarko, penyandang disabilitas saat ini masih harus dikawal dan didukung bersama untuk mencapai kesetaraan dalam memperoleh kesempatan bekerja, berkarya, dan berdaya.

“Kami yakin, kerja sama antara DANA dan PTI menjadi awal yang baik untuk mengakselerasi tujuan mulia kita bersama dalam menyelenggarakan kesempatan bagi teman-teman disabilitas pada sektor pengembangan bisnis UMKM,” pungkasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait