URnews

Komitmen Jaga Lingkungan, Telkom Tanam 1.000 Pohon di Kawasan Gunung Merapi

William Ciputra, Rabu, 22 November 2023 16.57 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Komitmen Jaga Lingkungan, Telkom Tanam 1.000 Pohon di Kawasan Gunung Merapi
Image: Penanaman 1.000 bibit pohon di Kawasan Gunung Merapi dalam rangka Telkom ESG Day. (Telkom)

Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) melakukan gerakan penanaman 1.000 bibit pohon di Desa Girikerto, Kepanewon Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Hal ini merupakan bukti komitmen Telkom dalam menjaga lingkungan. 

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah menjelaskan, sebagai korporasi, Telkom turut menjadikan Environmental, Social, and Governance (ESG) sebagai value creation. ESG sendiri diimplementasikan untuk mendukung kinerja sekaligus menjaga keberlanjutan. 

“Penanaman bibit ini menjadi langkah awal komitmen Telkom dalam pengimplementasian ESG. Semoga apa yang kita lakukan bisa berkelanjutan dan menghasilkan manfaat untuk kita semua,” kata Ririek, dikutip Selasa  (21/11/2023). 

Adapun Desa Girikerto merupakan desa penyangga air di Kawasan Gunung Merapi. Mata air di desa ini bermanfaat untuk kehidupan dan sudah semestinya dijaga. 

Selain itu, desa ini juga memiliki program pengembangan Agro Buah dengan luas 4,03 hektar. Tujuan Agro Buah adalah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di sekitarnya. 

Penanaman 1.000 bibit pohon ini merupakan bagian dari rangkaian acara Telkom ESG Day. Dalam acara tersebut, Telkom turut meluncurkan program ESG Existence for Sustainability by Telkom Indonesia atau EXIST pada Kamis (16/11/2023). 

Dalam peluncuran EXIST tersebut Ririek berharap implementasi ESG bisa terus dioptimalkan bukan hanya untuk perusahaan namun juga untuk kepentingan bangsa dan negara. 

1700646951-EXIST-by-TElkom.JPG Peluncuran EXIST by Telkom. (Telkom)

“Diharapkan dengan ESG ini, Indonesia bisa menjadi negara yang ramah lingkungan dan sustain, serta menjadi tempat hidup yang sehat untuk kita semua, sehingga kita bisa mewariskan sesuatu yang baik untuk anak cucu kita,” kata Ririek.

EXIST menjadi semangat Telkom untuk mewujudkan masa depan berbasis ESG yang bertujuan untuk menghadirkan bisnis berkelanjutan yang berdampak positif untuk lingkungan dan masyarakat. 

Dalam pelaksanaannya, EXIST menitikberatkan pada tiga pilar utama, yaitu Environmental, Social, dan Governance. Pada Pilar Environmental, Telkom dan seluruh anak usahanya berkomitmen untuk mendukung target pemerintah mencapai Net Zero Emission 2060. 

Sementara dalam pilar Social, Telkom turut mendukung keberagaman talenta melalui rekrutmen karyawan disabilitas, serta pengembangan talenta digital yang selaras dengan program prioritas Kementerian BUMN 2020-2024. 

Sedangkan dalam pilar Governance, Telkom terus membangun kepercayaan para stakeholder, termasuk pelanggan akan keamanan dan perlindungan data pribadi pelanggan serta etika berbisnis. 

Peresmian EXIST turut dihadiri oleh Wakil Gubernur DI Yogyakarta, KGPAA Paku Alam X. Dalam sambutannya, Paku Alam X turut mengapresiasi dan mendukung penuh upaya Telkom dalam membangun daerah dalam program ESG.

“Mari terus bergandengan tangan membangun masyarakat yang lebih maju dan berkelanjutan. Terima kasih atas kerja sama yang terjalin, semoga kegiatan ini menjadi titik awal dari langkah positif yang lebih besar lagi,” katanya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait