URnews

Mengenal Pakaian Adat Sabu yang Dikenakan Jokowi di Sidang Tahunan MPR RI

Anita F. Nasution, Jumat, 14 Agustus 2020 13.49 | Waktu baca 1 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Pakaian Adat Sabu yang Dikenakan Jokowi di Sidang Tahunan MPR RI
Image: Pakaian adat Sabu asal Nusa Tenggara Timur yang dikenakan Presiden Joko Widodo saat Sidang Tahunan MPR RI, Jumat pagi tadi (14/8/2020). (IG @jokowi)

Jakarta - Ada yang menarik dari pakaian yang dikenakan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI, Jumat pagi (14/8/2020).

Jokowi tampak menggunakan salah satu pakaian adat di Indonesia, guys. Dalam unggahan Jokowi di Instagramnya, dirinya menuliskan bahwa pakaian adat yang digunakannya merupakan pakaian adat dari salah satu pulau terdepan di ujung selatan Indonesia, Nusa Tenggara Timur.

Yup, Jokowi tampak menggunakan kemeja hitam lengan panjang dengan balutan selendang, kain serta topi berwarna emas tersebut merupakan pakaian adat Sabu.

Pakaian adat Sabu berwarna kuning keemasan yang digunakan Jokowi tersebut ternyata memiliki makna-makna sendiri dalam budaya serta komunikasi antarbudaya, Urbanreaders.

Warna kuning pada kain tenun yang digunakan Jokowi melambangkan gambar kupu-kupu yang berwarna emas serta melambangkan manusia yang dilindungi oleh hewan.

Baju adat Sabu yang terdiri dari kain tenunan tersebut juga terbagi dalam 3 jenis, yaitu Ei (sarung), Higi (selimut), dan Heleda (selendang).

Sama dengan nama pakaian adatnya, pakaian adat Sabu merupakan pakaian yang berasal sari kebudayan masyarakat Sabu di Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dibandingkan dengan kelompok masyarakat lainnya di NTT, masyarakat Sabu memang memiliki kebudayaan yang sangat khas, yakni meliputi bahasa, budaya, adat istiadat, karakter dan watak masyarakatnya. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait