URnews

Pemerintah Beri Waktu 4 Bulan Uji Coba Sinergi TikTok Shop dan Tokopedia

William Ciputra, Selasa, 12 Desember 2023 18.12 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pemerintah Beri Waktu 4 Bulan Uji Coba Sinergi TikTok Shop dan Tokopedia
Image: Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (Urbanasia)

Jakarta - TikTok Shop resmi beroperasi kembali di Indonesia melalui kemitraan strategis yang dijalin bersama Tokopedia. Menurut Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, pemerintah memberi waktu uji coba sinergi ini selama 3-4 bulan.

“Kita berikan percobaan 3-4 bulan, kita lihat perkembangannya seperti apa,” kata pria yang akrab disapa Zulhas dalam konferensi pers Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 di Tokopedia Tower, Selasa (12/12/2023).

Zulhas menjelaskan, langkah pemerintah yang sempat membatasi kegiatan e-commerce TikTok Shop itu bukan sebuah larangan. Menurutnya, hal itu dilakukan untuk menata agar terjadi sinergi.

Kata Zulhas, pemerintah sama sekali tidak anti terhadap produk dari manapun, termasuk TikTok Shop. Namun pemerintah tetap berkepentingan untuk menata agar ekosistem e-commerce di Indonesia berjalan teratur.

“Serta membantu mengembangkan ekonomi Indonesia baik di dalam negeri maupun luar negeri,” imbuhnya.

Diketahui, dalam sinergi ini TikTok bakal menginvestasikan lebih dari US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 23,4 triliun, sebagai komitmen jangka panjang untuk berinvestasi mendukung operasional. Hal ini dilakukan tanpa dilusi lebih jauh terhadap kepemilikan GoTo di Tokopedia.

Dengan adanya kesepakatan tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan digabung di bawah PT TikTok. TikTok bakal memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Lebih lanjut, fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

Kampanye ‘Beli Lokal’

1702379494-Tokopedia-Tiktok.jpg Peluncuran kampanye Beli Lokal dalam rangka Harbolnas 12.12 Tokopedia x TikTok. (Urbanasia)

Setelah resmi menjalin kemitraan strategis, Tokopedia dan TikTok langsung ikut dalam memeriahkan Harbolnas 12.12 2023 melalui kampanye bertajuk ‘Beli Lokal’.

Presiden Tokopedia, Melissa Siska Juminto menjelaskan, berkomitmen untuk terus mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan, termasuk pada saat momen 12.12, lewat deretan inisiatif dan menghadirkan berbagai promo.

“Tujuannya agar masyarakat dapat berbelanja online dengan lebih terjangkau. Salah satunya dengan menghadirkan kampanye ‘Beli Lokal’,” kata Melissa dalam kesempatan yang sama, Selasa.

Selain menguntungkan bagi pembeli, momen Harbolnas 12.12 dan kampanye Beli Lokal juga diharapkan bisa mendongkrak penjualan para pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal. 

“Tokopedia sebagai perusahaan teknologi buatan Indonesia bersama mitra strategis selalu berupaya mendorong produk buatan lokal menjadi pilihan utama masyarakat,” tambah Melissa.

Tokopedia berkolaborasi dengan pemerintah dalam meluncurkan kampanye Beli Lokal agar pelaku usaha, khususnya UMKM lokal, bisa mendapatkan panggung yang lebih luas termasuk saat momen Harbolnas 12.12. 

Pada kampanye ini, ada deretan promo diskon hingga Rp 100.000 agar masyarakat bisa belanja produk lokal dengan lebih hemat. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait