URnews

Penghormatan untuk I Gusti Ngurah Rai Melalui Buku ‘Prosa Gerilya’

William Ciputra, Sabtu, 19 Agustus 2023 09.28 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Penghormatan untuk I Gusti Ngurah Rai Melalui Buku ‘Prosa Gerilya’
Image: Buku Prosa Gerilya karya Andre Syahreza. (Istimewa)

Jakarta - Penulis Andre Syahreza baru saja meluncurkan buku barunya berjudul ‘Prosa Gerilya’. Buku yang diluncurkan sebagai bagian dari Powerful Indonesia Festival by The Apurva Kempinski Bali ini merupakan penghormatan bagi Pahlawan asal Bali, I Gusti Ngurah Rai.

Peluncuran buku dilakukan dalam acara bertajuk ‘Penghargaan Kepada I Gusti Ngurah Rai’ bertepatan dengan momen HUT Ke-78 RI, Kamis (17/8/2023) lalu.

“Saya merasa sangat terhormat menjadi bagian dalam perayaan Powerful Indonesia Festival,” kata Andre dalam acara yang diikuti Urbanasia secara daring itu, Kamis. 

Andre mengaku tersentuh dengan dedikasi I Gusti Ngurah Rai untuk bangsa Indonesia saat merefleksikan profil sang pahlawan. Keberanian, komitmen, dan pengorbanan Ngurah Rai, kata Andre, merupakan esensi dari jiwa dan semangat bangsa Indonesia. 

“Kisah-kisah dari tokoh-tokoh yang bersinar seperti ini sangat penting untuk diulas, sebagai penunjuk dan penerang perjalanan generasi kita saat ini dan yang akan datang,” katanya. 

Peluncuran buku ‘Prosa Gerilya’ ini juga akan dimeriahkan oleh bintang tamu, yaitu penulis buku terkemuka, Dee Lestari. Dee, seorang tokoh sastra, merupakan salah satu penulis Indonesia yang dihormati. 

Dengan debutnya pada tahun 2001, sebuah novel berseri berjudul ‘Supernova’, Dee menjadi pioneer dan melanjutkan perjalanan sastra Indonesia. Tak hanya meraih dua kali penghargaan bergengsi Book of The Year Award, Dee juga meraih dua kali penghargaan Indonesia Reader's Choice Award sebagai 'Penulis Favorit' dan 'Buku Favorit'. 

Kehadirannya menambah sentuhan keunggulan sastra Indonesia dan kemeriahan acara ini, yang bertujuan untuk melestarikan dan menghargai warisan budaya dan pencapaian Indonesia. 

Bergabung bersamanya adalah Frischa Aswarani, seorang tokoh multitalenta, penyair, presenter, dan penyiar terkenal. Bakat Frischa yang beragam meliputi karya jurnalistik, penelitian akademis, esai, puisi, dan cerita pendek. 

Kontribusi sastranya telah membawa Frischa menjadi pembicara di Ubud Writers & Readers Festival dan dialog budaya di Publika, Kuala Lumpur. 

Sementara General Manager The Apurva Kempinski Bali, Vincent Guironnet menuturkan, pihaknya merasa terhormat telah menjadi tuan rumah peluncuran buku ‘Prosa Gerilya’ ini. 

“Tidak hanya perayaan tokoh heroik dalam sejarah Bali, acara ini adalah refleksi semangat kolaborasi, pelestarian budaya, dan pemberdayaan yang menjadi inti dari core value yang kami anut di The Apurva Kempinski Bali,” katanya. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait