URnews

Rakit Sepeda Motor Listrik Sendiri, Pegawai DLH Bintan Dapat Pujian

Tim Urbanasia, Selasa, 14 Maret 2023 15.43 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Rakit Sepeda Motor Listrik Sendiri, Pegawai DLH Bintan Dapat Pujian
Image: Sepeda motor listrik karya Umar Awaluddin, Pegawai DLH Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (bintankab.go.id)

Jakarta - Pegawai Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau Umar Awaluddin dipuji berkat karya sepeda motor listrik yang dia rakit sendiri.

Apresiasi itu datang dari Bupati Bintan, Roby Kurniawan ketika melihat sepeda motor yang cukup menarik baginya usai memimpin Rapat Evaluasi di DLH Bintan.

"Sangat luar biasa, ini bukti bahwa SDM Bintan punya potensi yang luar biasa dan siap bersaing. Tadi kita uji coba juga lancar, semuanya dirakit sendiri dengan bahan dasar yang dibeli secara online," ujar Roby mengutip laman resmi bintankab.go.id, Selasa (14/3/2023).

Berdasarkan keterangan Roby, motor tersebut sebenarnya sudah usang dan dibiarkan begitu saja hingga rusak.

Melihat hal tersebut, Umar berinisiatif untuk merakit ulang sepeda motor itu dengan membuang seluruh mesin dan menyisakan rangkanya saja.

Umar menggunakan bahan-bahan baru yang dia beli untuk menyusun seluruh komponen mesin motor. Dia juga membekali mesin-mesin itu dengan tenaga listrik.

Rencananya, mesin tenaga listrik ciptaan pegawai DLH ini bakal diuji coba pada motor roda tiga milik Satgas Kebersihan yang telah rusak.

Sementara untuk kerangka motor tadi, akan dimanfaatkan sebagai alat penunjang operasional pengangkutan sampah.

Umar sendiri mengaku, mengolah barang tak terpakai sudah menjadi bagian dari hobinya. Tak ayal jika sepeda motor listrik ini bukan karya pertamanya.

"Di rumah juga sudah menggunakan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya), jadi semuanya pun free. Saya chargenya pun ya bisa dibilang gratis karena dari tenaga surya semua," jelas Umar.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait