URnews

Sinar Mas Bikin UMKM Naik Kelas dengan Pelatihan Digital

Ken Yunita, Rabu, 31 Mei 2023 11.52 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sinar Mas Bikin UMKM Naik Kelas dengan Pelatihan Digital
Image: istimewa

Jakarta - Sudah bukan rahasia lagi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau yang lebih dikenal dengan UMKM adalah salah satu penggerak ekonomi Indonesia. Meski skala bisnisnya terbilang kecil, namun dengan jumlahnya yang besar, keberadaan UMKM bisa membantu mengentaskan angka pengangguran di Indonesia.

Tak heran jika UMKM mendapat perhatian lebih dari pemerintah dan juga pengusaha besar. Seperti yang dilakukan Sinar Mas lewat serangkaian program dan inisiatif sosialnya melalui komitmen corporate social responsibility (CSR).

Sebagai entitas yang bergerak di berbagai sektor, komitmen Sinar Mas tercermin dari sejumlah program pada sektor-sektor utama, yakni ekonomi, lingkungan, infrastruktur, hingga pendidikan.

Hal itu terlihat saat salah satu pilar usaha Sinar Mas, PT Smartfren Telecom, Tbk (Smartfren) mendukung penuh pertumbuhan dan pemberdayaan UMKM dengan cara memberikan pelatihan digital bagi para pelaku usaha di Indonesia.

Pada 22 Februari lalu, Smartfren berkolaborasi dengan Indofood untuk memberikan pelatihan digital di Kantor Kelurahan Ciketingudik, Bekasi, Jawa Barat.

Materi pelatihan yang diberikan antara lain pola pikir digitalisasi, strategi memulai bisnis digital, hingga perkembangan digitalpreneur. Acara ini juga menggandeng Teman Kreasi dan Smartfren Community.
Head of Community Development Smartfren Dani Akhyar menyebutkan, Smartfren dan para mitranya mempunyai visi yang sama dalam upaya memperkuat UMKM di Indonesia.

“Melalui kolaborasi ini, kami ingin mengajak teman-teman pelaku usaha lokal untuk naik level dengan menerapkan digitalisasi agar membuka lebih banyak peluang baru,” katanya.

Menurut Dani, digitalisasi dapat membuka peluang baru karena jangkauan penjualan yang menjadi lebih luas dan operasional yang semakin efisien. “Jadi, biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.”

Selain kolaborasi, Smartfren juga menjalankan berbagai inisiatif melalui Smartfren Community untuk meningkatkan keterampilan digital masyarakat. Salah satunya adalah Teman Kreasi yang bertujuan membantu UMKM mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan teknologi digital.

Hal ini sesuai dengan filosofi pendiri Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja seperti disampaikan Managing Director Sinar Mas Ferry Salman dalam peringatan 100 tahun Eka Tjipta Widjaja tahun lalu. Seperti diketahui, Eka Tjipta Widjaja memulai karier kewirausahannya dengan bisnis berskala UMKM.

“Sebagaimana Pak Eka mengisi hidupnya dulu, memulainya dari UMKM hingga menjadi Sinar Mas yang kita kenal saat ini. Karenanya, kini kami berupaya membantu menaikkelaskan UMKM melalui kemitraan inklusif, mendampingi mereka agar mampu masuk dalam rantai pasok industri,” katanya.

Terdapat pula program Teman Pintar yang memberikan literasi digital dan pelatihan konten digital kepada siswa di SMP, SMA, dan perguruan tinggi. Selain itu hadir program Bunda Pintar yang berfokus pada literasi dan pelatihan digital untuk perempuan.

Fokus utama pelatihan untuk mendorong peserta berinovasi dalam pengembangan bisnis yang berkelanjutan, merancang perencanaan bisnis dan memahami standar operasional untuk pemula dalam UMKM, serta memberikan panduan untuk membuat konten pemasaran melalui pemanfaatan media sosial.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait