URnews

WhatsApp Punya Fitur Baru Khusus Buat UMKM dan Bisnis

William Ciputra, Kamis, 2 November 2023 12.19 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
WhatsApp Punya Fitur Baru Khusus Buat UMKM dan Bisnis
Image: Country Director WhatsApp di Indonesia saat WhatsApp Business Summit. (Istimewa)

Jakarta - Sebagai platform pesan instan yang cukup populer di Indonesia, WhatsApp terus mengembangkan fitur yang berguna untuk masyarakat. Salah satunya adalah fitur khusus untuk menunjang bisnis dan UMKM di Indonesia.

Kehadiran fitur ini menjadi bahasan utama dalam gelaran WhatsApp Business Summit Indonesia pada Rabu (1/11/2023) kemarin. Acara ini diikutip oleh lebih dari 1.500 peserta dari pengusaha kecil, perusahaan, dan developer.

Pada kesempatan tersebut, Alfamart mengumumkan bahwa dalam waktu dekat, masyarakat akan dapat berkomunikasi dan melakukan pemesanan secara langsung melalui WhatsApp. 

Selain itu, WhatsApp juga memperkenalkan beragam fitur baru yang bertujuan untuk mempercepat interaksi bisnis dengan pelanggan melalui platform ini.

Alfamart di WhatsApp

1698902137-Foto-1---Pengalaman-Alfamart-di-WhatsApp.jpeg Pengalaman Alfamart di WhatsApp. (Istimewa)

Alfamart mengumumkan bahwa masyarakat Indonesia akan segera dapat menjelajahi katalog produk secara online, serta menambahkan item ke dalam keranjang sebelum melanjutkan ke sistem pembayaran Alfamart. 

Kemudian, pesanan akan diantarkan ke alamat konsumen dari Alfamart terdekat. Pengalaman ini akan tersedia dalam beberapa bulan mendatang.

Menurut CMO Alfagift, Alfamart, Linda Valentin, Alfamart telah berhasil memanfaatkan WhatsApp secara efektif untuk memudahkan para pelanggan dalam mengakses program loyalitas. 

“Saat ini, kami merasa sangat antusias dalam menggunakan WhatsApp untuk menghadirkan pengalaman online-to-offline yang sederhana dan dapat diandalkan bagi konsumen kami,” ujarnya.

Fitur Flows WhatsApp

1698902170-Foto-2---Pengalaman-Chat-yang-Lebih-Cepat-dengan-Flows.jpeg Fitur Flows memudahkan bisnis dan UMKM. (Istimewa)

Adapun fitur baru yang diperkenalkan dalam acara tersebut diberi nama Flows. Ini adalah fitur yang tujuan memberikan kemampuan kepada bisnis untuk menyediakan beragam pengalaman, seperti memilih kursi pesawat dengan cepat atau membuat janji pertemuan – semuanya dapat dilakukan tanpa harus meninggalkan chat. 

Dengan Flows, bisnis bisa menyediakan berbagai pilihan menu yang lengkap serta formulir yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan yang bermacam-macam. 

Fitur WhatsApp Flows kini tersedia secara global bagi bisnis yang menggunakan Platform WhatsApp Business.

Bisnis Terverifikasi Meta

1698902211-Foto-3---Bisnis-yang-Diverifikasi-Meta-di-WhatsApp.pngVerifikasi Meta semakin meyakinkan pelanggan terhadap usaha atau UMKM. (Istimewa)

Selain Flows, WhatsApp juga memberikan fasilitas Verifikasi Meta kepada pelaku usaha. Verifikasi ini akan semakin meyakinkan pelanggan untuk berinteraksi dan melakukan transaksi. 

Untuk mendapatkan verifikasi Meta, sebuah bisnis dapat menunjukkan keasliannya kepada Meta. Setelahnya, bisnis tersebut akan mendapatkan lencana terverifikasi, dukungan akun yang ditingkatkan, dan perlindungan dari peniruan.

Bagi bisnis yang tertarik untuk mendaftar, Verifikasi Meta akan hadir dengan fitur premium tambahan untuk membuat halaman WhatsApp khusus yang nantinya mudah ditemukan melalui pencarian web. 

Verifikasi Meta akan diuji coba dengan bisnis skala kecil yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business, sebelum memperkenalkannya kepada bisnis di Platform WhatsApp Business di masa mendatang.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait