Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Ngeri! Robot Humanoid Ini Bisa Ekspresi Manusia

Shinta Galih,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ngeri! Robot Humanoid Ini Bisa Ekspresi Manusia
Image: Robot Humanoid. (Tangkapan Layar Twitter @TheFigen)

Jakarta - Engineered Arts, sebuah perusahaan robotika yang berbasis di Inggris, telah meluncurkan robot humanoid bernama Ameca, yang membuat orang-orang ngeri melihatnya. Sebab dia bisa menampilkan ekspresi manusia.

Dalam video yang diposting di saluran Vimeo Engineered Arts, kamu dapat melihat Ameca 'bangun' dan mengamati diri mereka sendiri dengan ekspresi manusia yang realistis. Meskipun semuanya dari leher Ameca ke bawah menjadi robot, wajah mereka dibuat terlihat sangat manusiawi dan video berakhir dengan Amerca menatap penonton sambil tersenyum.

Ragam reaksi yang diberikan. Beberapa mengungkapkan kekaguman, namun banyak yang merasa was-was karena seolah apa yang yang disaksikan di serial 'Black Mirror' terpampang nyata di depan mata.

Menurut situs Engineered Arts UK, Ameca diklaim sebagai robot berbentuk manusia paling canggih di dunia yang mewakili garis depan teknologi robotika humanoid. Dirancang khusus sebagai platform untuk pengembangan teknologi robotika masa depan.

"Ameca adalah platform robot humanoid yang sempurna untuk interaksi manusia dan robot," tulis Engineered Arts.

Engineered Arts mengatakan bahwa Ameca masih akan terus dikembangkan. Dalam pengembanggnya, mereka melakukan pemindaian 3D dari manusia yang sebenarnya untuk memberikan struktur tulang yang akurat, tekstur kulit, dan ekspresi wajah seperti aslinya.

Robot humanoid ini beroperasi menggunakan AI dan machine learning. Pun begitu kemampuan AI nanti akan diserahkan kepada pengembang. Mereka hanya menangani bodi ultra-realistis saja.

"Ameca adalah robot modular, kami berencana meningkatkan kemampuannya dari waktu ke waktu sehingga suatu hari Ameca akan berjalan," jelas situs web tersebut.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait