menu
user
URstyle

Ngulek Bumbu Rujak Masal di Cobek Raksasa Ala Warga Kampung Rejoso Kota Batu

Nunung Nasikhah,
lebih dari 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ngulek Bumbu Rujak Masal di Cobek Raksasa Ala Warga Kampung Rejoso Kota Batu
Image: Diskominfo Kota Wisata Batu

Batu - Di musim panas yang luar biasa seperti saat ini sih memang paling enak bikin rujak buah dengan bumbu kacang yang menggoda.

Kalau beli jadi tinggal makan sih sepertinya sudah biasa. Nah kalau ikut ngulek sambelnya bareng-bareng warga sekampung gimana ya sensasinya?

Nah, ini yang dilakukan oleh warga Dusun Rejoso, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu guys. Terik matahari yang menyengat tak menjadi menghalang untuk bersenang-senang dengan mengulek bumbu rujak bersama-sama.

Proses mengulek bumbu kacang ini dilakukan di sebuah cobek berukuran jumbo. Cobek ini dikelilingi oleh para warga laki-laki dan perempuan dengan masing-masing membawa uleg-an sendiri-sendiri. Mereka bekerjsama menghaluskan bumbu, kacang tanah, hingga gula merah dan petis.

Baca Juga: Main ke Bali? Yuk, Cobain Rujak Kuah Pindang yang Menggoda Lidah!

Setelah bumbu halus, buah-buahan segar yang telah dipotong kemudian dimasukkan dalam cobek untuk kemudian diaduk. Ada papaya muda, timun, mangga muda, nanas, belimbing dan masih banyak lagi.

Setelah itu, ibu-ibu ini kemudian membagikan rujak kepada warga lain di sebuah piring. Warga tampak bersuka cita dengan atraksi ini. Selain menghibur, mulut termanjakan dan perut juga kenyang.

Adegan ngulek rujak masal ini digelar dalam Festival Kampung Rejoso sejak Sabtu (26/10) hingga Minggu (27/10). Tak hanya nguleg rujak bareng. Ada pula pentas seni budaya dan bazzar yang diselenggarakan untuk menghibur pengunjung dan masyarakat sekitar.

Lalu kenapa pilihannya adalah nguleg rujak bareng ya?

Nah, usut punya usut, ternyata ini adalah cara promosi warga kampung Rejoso yang mayoritas adalah pegiat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) nih. Banyak dari mereka yang berjualan peralatan dapur salah satunya ya cobek ini, guys.

Baca Juga: Lezat! Yuk, Incip Iga Bakar ‘Djancuk’ Ketika Liburan ke Kota Batu

Saking banyaknya warga yang menjadi pengusaha, kampung ini mendapatkan julukan sebagai ‘Kampung Edukasi UMKM’ lho. Pasalnya, lebih dari 70% mata pencaharian penduduknya adalah pegiat UMKM. Begitu pula dengan para generasi mudanya yang tidak ketinggalan untuk belajar berwirausaha.

Kepala Diskoperindag, Eko Suhartono berpesan agar para generasi muda kampung Rejoso terus memberikan terobosan dan memiliki keberanian untuk menjadikan dusun Rejoso berkembang lebih baik lagi nih, guys.

Nah, buat kalian yang tertarik untuk memulai usaha, bisa langsung datang ke Dusun Rejoso, Desa Junrejo untuk melihat langsung proses pengolahan bahan mentah menjadi bahan siap jual, hingga belajar manajemen pemasarannya, guys.

Kamu tinggal memilih masuk ke kawasan home industri kerajinan kayu, kerajinan tas, kerajinan cobek, hingga home industri makanan dan minuman. Keren, kan?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait