Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Niat dan Bacaan Doa Setelah Wudhu Lengkap Arab dan Artinya

Kintan Lestari,
13 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Niat dan Bacaan Doa Setelah Wudhu Lengkap Arab dan Artinya
Image: Ilustrasi seorang pria berwudu. (Freepik/odua)

Jakarta - Salah satu syarat sah salat adalah wudhu. Maka dari itu, berwudhu harus dilakukan dengan baik, seperti membaca niat wudhu terlebih dulu.

Yap, dalam agama Islam, setiap melakukan sesuatu tentu kita harus memulainya dengan membaca niat. Begitu juga saat berwudhu. Niat wudhu perlu dibaca dulu sebelumnya. Perintah untuk berwudhu tertuang dalam surat Al-Maidah ayat 6. 

Niat Wudhu

Berikut ini niat wudhu dalam bahasa arab, latin, serta artinya:

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul wudhuua liraf'ill hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta'aalaa.

Artinya: “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardhu karena Allah”.

Setelah membaca niat, kamu perlu melanjutkan dengan tahapan selanjutnya, seperti membasuh telapak tangan sambil membaca basmallah, berkumur tiga kali, membersihkan lubang hidung tiga kali, mencuci wajah sebanyak tiga kali, mencuci dua tangan sampai ke siku, mengusap kepala, membersihkan telinga, sampai tahapan terakhir yakni membasuh kedua kaki sebanyak tiga kali. 

Doa Setelah Wudhu

Tak hanya saat memulai, setelah melakukan sesuatu umat Islam juga dianjurkan membaca doa. Oleh sebab itu, setelah selesai berwudhu maka kamu tak boleh lupa membaca doa. Berikut bacaan doa setelah wudhu:

أَشْهَدُ أَنْ لآّاِلَهَ إِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اللّهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Asyhadu allâ ilâha illallâhu wahdahû lâ syarîka lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhû wa rasûluhû, allâhummaj'alnî minat tawwâbîna waj'alnii minal mutathahhirîna.

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bersuci (shalih).”

Itu dia niat dan doa yang harus dibaca setelah berwudhu, Urbanreaders. Semoga bermanfaat!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait