Hot News

Tokyo - Olimpiade 2020 resmi diundur hingga tahun depan karena pandemi virus corona. Apakah namanya akan tetap atau berubah jadi Olimpiade 2021? In jawabannya

Pemerintah Jepang dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) sepakat mengundurkan Olimpiade ke tahun depan. Ini setelah Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, berkonsultasi lewat teleconference, dengan Presiden IOC, Thomas Bach, Selasa (24/3/2020) malam WIB.

IOC dan Pemerintah Jepang awalnya ngotot kalau Olimpiade tetap bisa dihelat tahun ini karena yakin virus corona bakal teratasi cepat. Namun, mundurnya Kanada dan Australia dari ajang itu jadi pemicu IOC berpikir kalau mustahil untuk tetap menggelarnya di tahun ini.

Apalagi virus corona saat ini makin menjadi-jadi dan belum mencapai puncak di beberapa negara, termasuk Indonesia dan Jepang. Dengan mundurnya Olimpiade, akan banyak pertanyaan kapan ajang olahraga bangsa-bangsa itu akan dihelat?

Lalu, apakah memang sudah aman untuk digelar dan sebagainya. Tapi, pertanyaan paling penting tentu terkait nama ajang olahraga itu. Karena dihelat di 2021, apakah Olimpiade Tokyo 2020 akan mengubah namanya?

Terkait hal itu, Tokyo 2020 Organising Committee memastikan nama Olimpiade 2020 tetap akan dipakai. Bahkan api olimpiade akan terus berada di Tokyo hingga event itu digelar.

"Para pemimpin sepakat Olimpiade di Tokyo bisa menjadi mercusuar harapan bagi dunia pada masa-masa sulit ini dan bahwa nyala api Olimpiade dapat menjadi cahaya di ujung terowongan gelap tempat dunia berada saat ini," ujar penyelenggara Olimpiade 2020 dalam keterangan resminya.

"Oleh karena itu, disepakati bahwa api Olimpiade akan tetap di Jepang. Juga disepakati bahwa Olimpiade akan mempertahankan nama Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020," demikian pernyataan tersebut."

Komentar

Loading ..