Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Pacar Terlalu Posesif? Ini 5 Langkah Cerdas untuk Mengatasinya

Yunidar Kusumaningsih,
10 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pacar Terlalu Posesif? Ini 5 Langkah Cerdas untuk Mengatasinya
Image: Ilustrasi pacar posesif/Pexels by Vera Arsic

Jakarta - Urbanreaders, punya pacar yang posesif? Jika iya, kamu nggak perlu merasa khawatir, lakukanlah beberapa cara cerdas untuk menghadapinya.

Punya pasangan super posesif memang nggak mudah, karena pada dasarnya pasangan yang posesif akan lebih sering mengatur bahkan mengekang semua aktivitasmu.

Jadi, bagaimana kira-kira langkah tepat menghadapi pasangan posesif? Berikut lima langkah cerdas untuk mengatasinya.

1. Jangan Sengaja Membuatnya Cemburu

1614221946-pexels-photo-4246239.jpeg-cemburu-pixabay-by-Ketut-Subiyanto.jpegSumber: Ilustrasi pasangan cemburu/Pixabay by Ketut Subiyanto

Karakter orang posesif biasanya sangat pencemburu, maka dari itu kamu jangan dengan sengaja membuatnya cemburu.

Kamu bisa menjaga jarak dalam berteman dengan teman lawan jenis, seperti misalnya, menghindari kontak fisik atau jangan terlalu sering curhat dengan teman lawan jenis mengenai hal-hal yang sifatnya pribadi.


2. Mengenalkan Dia dengan Semua Teman-temanmu

1614221958-pexels-photo-4880395.jpeg-kenalkan-dia-dengan-teman-teman-mu-pixabay-by-cottonbro.jpegSumber: Ilustrasi teman/Pixabay by Cottonbro

Kalau pasanganmu posesif, hal yang satu ini tentunya wajib kamu lakukan. Kenalkan dan masukan dia ke dalam lingkup pergaulanmu, biarkan dia tahu seperti apa teman-temanmu.

Jadi, nggak adalagi kekhawatiran yang tidak beralasan. Dia bisa stop untuk merasa curiga dengan semua teman-temanmu, sebab kamu sudah lebih dulu mengenalkannya dengan teman-temanmu.

3. Filter Hal yang Ingin Kamu Ceritakan

1614221923-pexels-photo-172368.jpeg-filter-pembahasan-pixabay-by-fresstocks.org.jpegSumber: Ilustrasi pasangan/Freepik by Fresstocks

Kejujuran dalam sebuah hubungan memang sangat diperlukan. Tapi, biasanya pasangan yang punya sikap over protektif dan pencemburu cenderung akan negatif thinking. 

Dia mungkin akan merasa sangat tidak nyaman ketika kamu banyak bercerita, terlebih jika yang kamu ceritakan adalah teman lawan jenismu.

Ada baiknya jika kamu memfilter apa yang ingin kamu ceritakan. Hal ini baik dilakukan supaya tidak memperkeruh suasana.

4. Bersikap Tegas

1589942333-terlalu-berkorban-buat-pasangan4.jpgSumber: Freepik

Kamu perlu mengambil sikap tegas untuk membuatnya tau bahwa sikapnya yang membatasi gerak-gerikmu tidak akan membuatmu merasa bahagia.

Beritahu pasanganmu, bahwa sikapnya ini kekanak-kanakan dan katangan terus terang jika kamu tidak menyukai sikapnya. 

Tegas berbeda dengan emosional, tegas disini berarti mampu untuk membuat pasangan kamu mengerti bahwa kamu tidak menyukai sikapnya yang terlalu over protektif.

5. Beri Ruang untuk Bisa Intropeksi

1614221931-pexels-photo-712413.jpeg-intopeksi-pixabay-by-Andrea-Piacquadio.jpegSumber: Ilustrasi intropeksi diri/Freepik by ndrea Piacquadio

Mengambil waktu untuk tidak saling bicara mungkin bisa kamu jadikan langkah akhir untuk mengatasi pasanganmu yang posesif. Biarkan dia tahu bahwa sikapnya ini sudah kelewat batas.

Mengambil waktu sendiri juga membantunya untuk bisa berintropeksi dan mengetahui dimana letak sekalahannya.

Itulah lima cara mengatasi pacar posesif. Semoga setelah kamu tahu cara-cara tersebut, hubunganmu dengan dia akan lebih langgeng. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait