Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Pakar UGM Sebut Kopi Mampu Cegah Virus Corona

Shelly Lisdya,
24 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pakar UGM Sebut Kopi Mampu Cegah Virus Corona
Image: Ilustrasi ampas kopi. (Freepik/yanadjana)

Jakarta - Kopi mengandung antioksidan dan mineral penting yang baik untuk kesehatan. Di antaranya riboflavin, asam pantotenat, mangan, kalium, magnesium, dan niasin.

Dengan beragam nutrisinya, banyak manfaat kopi untuk kesehatan seperti meningkatkan kapasitas otak, membakar lemak hingga menjaga kesehatan hati.

Namun, guru besar Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Gadjah Mada (UGM) Profesor Sri Anggrahini menyebut, secangkir kopi bisa mengurangi infeksi virus vorona loh.

"Para pecinta kopi ada kabar baik,ternyata minum secangkir kopi setiap hari efektif untuk mengurangi peluang terinfeksi COVID-19," katanya dalam pidato di Rapat Terbuka Senat Dies Natalis ke-58 FTP UGM, Selasa (21/9/2021).

Orasi ilmiah yang disampaikan Sri merupakan penelitiannya selama ini dengan judul 'Kopi untuk Kesehatan di Masa Pandemi COVID-19'.

Sri Anggrahini menyampaikan bahwa berbagai penelitian di luar negeri, kopi menduduki peringkat teratas sebagai asupan yang dinilai paling mampu mencegah paparan COVID-19.

Penelitian terdahulu juga banyak yang menemukan bahwa kopi merupakan minuman sehat peningkat kekebalan tubuh.

Hal ini disebabkan kopi merupakan penyumbang utama asupan polifenol dan fenolik. Kedua senyawa tersebut mempunyai sifat antioksidan serta anti-inflamasi.

Penelitian terkait khasiat kopi ini menurutnya perlu ditindaklanjuti agar bisa mendorong masyarakat Indonesia gemar mengonsumsi kopi serta mengetahui batas aman mengonsumsi kopi sesuai dengan yang dianjurkan.

Tak hanya itu, kopi juga bisa digunakan untuk mendeteksi seseorang terkena virus corona atau tidak.

“Umumnya penderita COVID-19 mengalami gejala hilangnya indera penciuman atau anosmia. Kopi bisa digunakan untuk mendeteksi gejala tersebut karena memiliki rasa dan aroma yang kuat,” katanya.

Hanya saja, Sri menyebut bahwa penelitian ini masih belum membuktikan sebab akibat sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut. Ia meminta setiap orang bijak dalam mengonsumsi kopi. Konsumsi kopi yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait