Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Pemain 'On The Job' Buka-bukaan soal Karakternya, Seperti Apa?

Kintan Lestari,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pemain 'On The Job' Buka-bukaan soal Karakternya, Seperti Apa?
Image: Gerald Anderson, pemeran Daniel di serial 'On the Job'. (Dok. HBO GO)

Jakarta - Serial 'On The Job' belum lama ini tayang di platform HBO GO. Nah, sebelum penayangannya, Urbanasia berkesempatan melakukan wawancara dengan pemainnya, yakni Joel Torre dan Gerald Anderson.

Kedua aktor Filipina tersebut memerankan karakter Tatang dan Daniel, narapidana yang dibebaskan sementara dari penjara untuk melakukan pembunuhan pada target yang ditentukan.

Dalam sesi wawancara, Torre dan Anderson berbicara soal karakter yang mereka perankan. Keduanya punya pandangan mirip soal aksi jahat yang dilakukan karakter mereka.

Gerald yang memerankan karakter Daniel menyatakan kalau aksi Daniel tidak baik, namun demi keluarga semua hal akan dilakukan, termasuk hal buruk.

"Saya pikir karakter kami bukan pahlawan tetapi mereka juga bukan orang jahat. Tindakan mereka ya (jahat), mereka telah melakukan hal-hal buruk, tetapi itu datang dari bertahan hidup dan menafkahi keluarga, jadi karakter ini akan melakukannya. Saya tidak pernah membunuh seseorang di kehidupan nyata, tetapi motivasi karakter saya juga saya alami dalam kehidupan nyata seperti bekerja sekeras mungkin untuk mendapatkan sesuatu, itu sebabnya saya mendapat motivasi untuk bermain Daniel," ujar Gerald kepada Urbanasia, Senin (6/9/2021).

Aksi Daniel tidak ideal, namun Gerald menyatakan apa yang dilakukan Daniel tetap akan mendapat dukungan lantaran semua orang merasakan hal tersebut.

"Itu tidak ideal, itu tidak tepat pada sifat pekerjaan tetapi motivasinya adalah mengapa kami (karakter Daniel dan Tatang) sangat relatable dan penonton mendukung mereka, penonton ingin mereka berhasil membunuh orang. Ini benar-benar situasi yang aneh karena semua orang relate dengan perjuangan hidup dan tentang rela melakukan untuk keluarga kita," lanjutnya lagi. 

Tak jauh beda dengan Gerald, Joel pun juga menyatakan karakter Tatang akan mendapatkan dukungan penonton karena apa yang ia lakukan semata-mata demi keluarganya.

1632044269-joel-torre.jpgSumber: Joel Torre, pemeran Tatang di serial 'On the Job'. (Dok. HBO GO)

"Saya bermain sebagai Tatang, dia adalah korban dan penjahat, jadi dia adalah karakter pahlawan dan antihero. Yang menarik adalah bahkan dia seorang pembunuh penonton masih bersimpati padanya karena mereka tahu motivasi dia melakukannya untuk keluarganya. Jadi itu bukan karakter hitam dan putih," ungkap Joel.

"Dan bahkan yang menarik tentangnya dia menjalani kehidupan ganda, dia melakukan pekerjaannya yakni membunuh orang agar keluarganya dapat bertahan hidup. Dan di akhir film dia melakukan pekerjaannya agar dia bisa bertahan hidup. Jadi karakternya kompleks dan itulah mengapa saya suka memerankan Tatang karena kompleksitasnya," jelasnya lagi.

Karena karakter yang mereka mainkan akan melakukan apapun untuk keluarga, baik Gerald dan Joel mengaku punya persamaan dengan Daniel dan Tatang.

"Ya ada banyak kesamaan. Daniel punya dedikasi terhadap pekerjaan, saya juga memiliki dedikasi untuk pekerjaan saya. Naluri kelangsungan hidupnya juga, dan kami berdua bersedia melakukan hampir segalanya untuk menghidupi keluarga kami. Dan saya juga memiliki mentor dalam hidup saya, seperti Daniel memiliki Tatang. Jadi ya itulah persamaan saya dan Daniel," kata Gerald.

"Tatang dan saya berbeda, dia pembunuh saya bukan. Tapi persamaannya adalah menjadi seorang profesional dalam melakukan pekerjaan dan ketika kamu melakukan pekerjaanmu, pastikan kamu harus sangat baik dalam hal itu. Jadi saya membuat paralelisme bahwa saya memainkan peran Tatang yang sangat bagus dalam pekerjaannya, jadi saya Joel sebagai aktor saya pastikan saya harus sangat baik dalam pekerjaan saya yang berarti saya harus fokus, saya harus mempersiapkan saya sendiri. Dan seperti Tatang yang menjadi mentor dan mengajar Daniel, sebagai mentor saya mengajar aktor muda, saya memberikan ceramah, dsb. Joel adalah seorang Ayah, begitu juga dengan Tatang, dan seperti Tatang Joel akan melakukan apa saja untuk keluarganya. Pada akhirnya kesamaan saya dan tatang Anda harus belajar Anda tidak mempercayai siapa pun. Lakukan saja sendiri," pungkas Joel.

'On the Job' mengisahkan seputar sindikat kejahatan yang membebaskan sementara dua narapidana, Daniel (Gerald Anderson) dan Tatang (Joel Torre), untuk melakukan pembunuhan politis atas suruhan klien yang berkuasa.

Di satu sisi, para penegak hukum yakni Joaquin (Joey Marquez) dan Francis (Piolo Pascual), juga jurnalis Sisoy (John Arcilla) dan Arnel (Christopher De Leon) berusaha menguah kebenaran di balik pembunuhan dan penghilangan tersebut.

Serial thriller kriminal garapan sutradara Erik Matti ini terinspirasi dari kisah nyata. Dan di serial ini disorot kesulitan yang dihadapi dunia nyata terkait berita palsu dan bagaimana mudahnya
kebenaran diciptakan dan disebarluaskan ke masyarakat di era informasi saat ini.

Dua episode pertama dari serial ini telah ditayangkan sebagai sebuah film pada Cannes Film Festival 2013. Sementara empat episode terakhir ditayangkan sebagai sebuah film pada Competition di ajang bergengsi 78th Venice Film Festival.

Penasaran dengan akting Joel Torre dan Gerald Anderson sebagai Tatang dan Daniel? Kalian bisa mengetahuinya dengan menyaksikan serial 'On the Job' di HBO GO.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait