beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URsport

Pemain Terbaik Euro 2020: Gianluigi Donnarumma

Rezki Maulana,
12 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pemain Terbaik Euro 2020: Gianluigi Donnarumma
Image: Gianluigi Donnarumma jadi pemain terbaik Euro 2020 (twitter @gigidonna1)

London - Italia menyempurnakan trofi Piala Eropa yang didapat mereka dengan gelar pemain terbaik turnamen. Kiper Gli Azzurri Gianluigi Donnarumma memenangi award tersebut. Top!

Italia menghadapi Inggris pada laga final yang dihelat di Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Italia memang lebih difavoritkan untuk menang mengingat mereka dalam penampilan terbaiknya.

Italia tak terkalahkan dari 33 pertandingan terakhirnya, termasuk meraih 14 kemenangan beruntun. Maka dari itu, Italia menurunkan skuad terbaiknya untuk menyudahi puasa panjang gelar bergengsinya.

Baca Juga : Ronaldo Raih Gelar Top Skor Piala Eropa 2020

Tapi, gawang Gianluigi Donnarumma sudah kebobolan di menit kedua oleh gol Luke Shaw. Meski begitu, Italia tak goyah dan mereka balik menekan pertahanan Inggris untuk mencari gol penyama kedudukan.

Italia membuat skor jadi 1-1 pada menit ke-62 lewat Leonardo Bonucci. Setelah itu Italia dan Inggris tidak bisa menambah gol lagi hingga 120 menit pertandingan tuntas.

Pada drama adu penalti, Italia menang dengan skor akhir 3-2. Donnarumma jadi pahlawan kemenangan Italia karena dia menepis dua dari lima penendang Inggris, yakni Jadon Sancho dan Bukayo Saka.

Baca Juga : Italia Juara Euro 2020, Federico Bernardeschi Menangis Terharu

Donnarumma meneruskan catatan apiknya dalam drama adu penalti, yakni selalu memenangi lima babak tos-tosan terakhirnya. Tiga bersama AC Milan dan dua bareng Timnas Italia.

Selain itu Donnarumma juga cuma kebobolan empat gol, dua di antaranya bahkan dari bola mati. Atas performa gemilangnya sepanjang turnamen, Donnarumma pun berhak atas gelar pemain terbaik Piala Eropa 2020.

Donnarumma jadi kiper pertama yang memenangi gelar ini sejak diperkenalkan pada 1996. Italia juga jadi tim pertama yang memenangi dua adu penalti beruntun di Euro.

Untuk gelar pemain muda terbaik jadi milik gelandang Spanyol Pedri yang bermain cemerlang sepanjang turnamen, sebelum tersingkir di semifinal.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait