beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Pembayaran Zakat Maal dan Fitrah di Tokopedia Meningkat

Afid Ahman,
sekitar 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pembayaran Zakat Maal dan Fitrah di Tokopedia Meningkat
Image: Tokopedia Salam. (Dokumentasi Tokopedia)

Jakarta - Lantaran pandemi COVID-19, bulan Ramadan tahun ini memang terasa berbeda. Tapi hal tersebut tidak menyurutkan orang-orang untuk menebar kebaikan.

Setidaknya ini terlihat dari data internal Tokopedia yang memperlihatkan melonjaknya membayar zakat maal dan fitrah di platform mereka. Tak tanggung-tanggung peningkatannya mencapai tiga kali lipat dibanding periode yang sama tahun lalu.

Melihat antusiasme yang begitu tinggi, Tokopedia menghadirkan sejumlah inisiatif baru untuk mendorong lebih banyak masyarakat berbagi kebaikan. Pengguna kini dipermudah dalam menghitung baik jumlah zakat fitrah maupun zakat maal yang harus dibayarkan secara langsung di Tokopedia sehingga tidak perlu lagi menghitung secara terpisah.

Setelah melakukan pembayaran zakat, pengguna bisa mendapatkan bukti setoran pajak secara digital yang bisa digunakan sebagai syarat untuk mendapatkan potongan pajak penghasilan.

Tokopedia ke depannya akan meluncurkan fitur Fidyah untuk mempermudah masyarakat yang memiliki kewajiban membayar fidyah atas sejumlah hari puasa tertinggal dan tidak dapat digantikan di lain waktu.

Fitur Kotak Klenceng juga akan menjadi fitur yang akan segera diluncurkan demi membantu masyarakat menunaikan infaq untuk pembangunan masjid atau bantuan anak yatim.

Selama bulan Ramadan, antusiasme masyarakat dalam menggunakan produk dan layanan Tokopedia Salam untuk beribadah meningkat signifikan, salah satunya terlihat dari peningkatan pemakaian fitur Al-Qur’an digital.

“Kunjungan pada fitur Al-Qur’an digital, misalnya, mengalami kenaikan menjadi lebih dari 3 kali lipat selama periode Ramadan jika dibandingkan dengan periode sebelumnya. Selain itu, masyarakat cenderung meluangkan waktu untuk membaca Al-Qur’an digital pada waktu subuh, zuhur dan magrib,” terang Garri.

Tokopedia di sisi lain menambahkan fitur Jadwal Sholat pada ekosistem Tokopedia Salam yang mempermudah masyarakat melihat jadwal sholat sekaligus puasa Ramadan ini.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait