Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URsport

Pemprov DKI dan FIA Pastikan Lokasi Balap Formula E Diadakan di Monas

Ardha Franstiya,
hampir 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pemprov DKI dan FIA Pastikan Lokasi Balap Formula E Diadakan di Monas
Image: Ilustrasi balapan Formula E. (Pixabay)

Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Badan Umum Milik Daerah (BUMD) Jakarta Propertindo (Jakpro) bersama FIA (Federation internationale de l'automobile) Formula E Championship secara resmi mengumumkan lokasi penyelenggaraan balap mobil Formula E di Jakarta.

Mereka memutuskan jalur lintas balapan berada di kawasan Medan Merdeka dan Monumen Nasional (Monas). Padahal, kawasan itu sempat dilarang oleh Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka.

Melansir Antara Jumat (14/2), nantinya balap mobil tersebut akan dimulai (start) dari depan Balai Kota Provinsi DKI Jakarta di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Para pebalap memasuki kawasan Monumen Nasional melalui pintu masuk silang Barat Daya Monas dekat dengan Patung Kuda Arjuna Wiwaha.

Baca juga: Terungkap! Desain Sirkuit Formula E di Monas

Rute itu terus berlanjut hingga Pelataran Barat dari Tugu Monas yang nantinya disiapkan untuk memutarbalik ke arah pelataran selatan berlanjut ke kawasan timur dan tenggara Monas.

Usai melewati kawasan timur Monas, para pebalap akan kembali melewati kawasan Medan Merdeka Selatan dengan titik kenal Kedutaan Besar Amerika Serikat berlanjut melewati kembali Balai Kota.

text Rute resmi Formula E. (ANTARA/HO/Penyelenggara Formula E)

Titik akhir rute itu berada di depan Pelataran Selatan Monas yang menjadi lokasi penentuan kemenangan dari para pebalap Formula E.

Jalur yang memiliki panjang 2,58 kilometer dan memiliki lebar jalan sekitar 9,5- 12 meter ini secara resmi memiliki 12 tikungan, terbagi atas 8 tikungan di kanan dan 4 tikungan di kiri.

Baca juga: Anggaran Formula E Triliunan, Netizen Kritik Pemprov DKI Lewat #AkalAkalanFormulaE

Nantinya lintasan digunakan searah jarum jam oleh dua puluh empat pebalap dari 12 tim peserta Formula E.

Kawasan Medan Merdeka Selatan merupakan rute terpanjang Formula E di Jakarta dengan panjang 680 meter.

Sementara Formula E sendiri dipastikan bakal digelar pada 6 Juni 2020 di Monas dengan pertimbangan oleh FIA Formula E sebagai kawasan yang ikonik dan identik menggambarkan Ibu Kota Jakarta.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait