beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Penderita Diabetes Berpotensi Besar Kena Penyakit Jantung, Lho!

Kintan Lestari,
lebih dari 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Penderita Diabetes Berpotensi Besar Kena Penyakit Jantung, Lho!
Image: Ilustrasi/Pixabay

Jakarta - Pesinetron Cecep Reza atau yang lebih dikenal dengan Bombom kemarin (19/11/2019) meninggal dunia karena penyakit jantung.

Sebelum didiagnosa terkena penyakit jantung, diketahui Cecep menderita GERD dan diabetes.

Diabetes dan penyakit jantung memang berhubungan erat. Pasalnya penderita diabetes bisa terkena komplikasi, yang salah satunya adalah penyakit jantung.

Penderita diabetes berisiko besar mengalami gagal jantung. Hal itu dikarenakan aliran darah tidak lancar akibat gula darah (glukosa) yang terlalu tinggi. Dari situ terbentuk sesuatu seperti lemak yang menyumbat aliran darah dan mengeraskannya ke jantung.

Baca juga: Sakit Jantung Bisa Serang Usia Muda, Cari Tahu Penyebabnya!

Hasilnya pasokan nutrisi dan oksigen ke jantung jadi berkurang karena alirannya tersumbat, sehingga terjadi serangan jantung.

Sementara untuk GERD yang diderita Cecep Reza kemungkinan tidak berkaitan langsung dengan penyakit jantungnya. Namun penyakit tersebut juga sering bikin bingung lantaran gejalanya sama, yakni nyeri di dada.

"Jika jari seseorang dipukul palu maka orang tersebut dapat mengetahui jari mana yang sakit. Tapi kalau orang tersebut sakit di hati, paru-paru, pankreas, esofagus, atau perut maka semuanya akan sakit dibagian dada," tutur Stephen Kopecky, MD, kardiologis di Mayo Clinic di Rochester seperti dilansir dari Health.com (1/6/2009).

Meski demikian nyeri dada keduanya bisa dibedakan. Nyeri atau tekanan di dada di jantung bisa tambah buruk apabila stres parah juga olahraga berlebih. Dan itu diikuti oleh pusing, mual, juga sulit bernafas. Kalau akibat GERD maka nyeri dada akan tambah parah apabila mengkonsumsi makanan pedas.

Yang membedakan selanjutnya adalah durasinya. Nyeri karena serangan jantung terjadi lebih dari 10 menit sementara neyeri dada karena GERD bisa bertahan satu jam.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait