Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Pengguna TikTok Tembus 1 Miliar Per Bulan

Afid Ahman,
23 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pengguna TikTok Tembus 1 Miliar Per Bulan
Image: Ilustrasi TikTok. (Pixabay/Solen Feyissa)

Jakarta - TikTok menorehkan sejarah baru. Media sosial berbagi video pendek ini kini memiliki 1 miliar pengguna bulanan.

“Lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia kini datang ke TikTok setiap bulannya untuk mencari hiburan, saat mereka belajar, tertawa, atau menemukan hal baru," ungkap TikTok dalam blog resminya.

Popularitas TikTok meroket sejak pandemi COVID-19, dan menjelma jadi aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia pada kuartal pertama 2020.

Perusahaan analisis aplikasi SensorTower dalam laporannya mengungkap aplikasi TikTok telah diunduh 315 juta kali hanya sepanjang kuartal pertama 2020 saja.

Meningkatnya jumlah pengguna membuat pendapatan ByteDance yang menjadi induk TikTok terkerek pada 2020. Berdasarkan laporan peningkatannya mencapai dua kali lipat dari tahun sebelumnya, menjadi USD34,3 miliar atau Rp487,5 triliun.

Kesuksesan TikTok ini membuat perusahaan teknologi lain membuat layanan video pendek. Instagram membuat Reels, Snapchat merilis Spotlight, YouTube menghadirkan Shorts.

Walau kesuksesan besar diraup TikTok tapi mereka dibayangi kecurigaan oleh pemerintah AS. Sebab TikTok diduga mengumpulkan data pengguna Negeri Paman Sam dan dikirimkan ke server pusat yang berada di Cina.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait