menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URamadan

Pengin Pernikahan Langgeng? Ini 4 Tips dari Ustaz Hilman Fauzi

Shelly Lisdya,
14 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pengin Pernikahan Langgeng? Ini 4 Tips dari Ustaz Hilman Fauzi
Image: Ustaz Hilman Fauzi. (Instagram @ahilmanfauzi)

Jakarta - Guys, kalian sudah punya pasangan dan siap menikah? Jika iya, siapkan diri sebaik-baiknya ya, pasalnya kehidupan pasca menikah akan mengalami masalah, jika tidak bisa mengatasinya hubunganmu akan berakhir dengan perceraian.

Dalam Agama Islam, tujuan menikah memiliki arti mendalam. Dalam al Quran dituliskan, bahwa Allah SWT menyampaikan berbagai berkah di balik pernikahan. Meski aktivitas bersama pasangan halal itu dianggap sederhana, namun bernilai pahala dan sedekah.

Lantas bagaimana ya tips agar hubungan langgeng dalam pernikahan? Berikut tipsnya dari Ustaz Hilman Fauzi dalam virtual zoom dengan Kencomm, Sabtu (24/4/2021).

1. Habiskan Waktu dengan Pasangan

Dalam Islam, menikah adalah ibadah yang paling lama. Di sini, kamu dan pasanganmu akan menghabiskan waktu bersama sepanjang masa.

Pernikahan sejatinya adalah bertahan, sehingga apapun yang terjadi, kamu dan pasangan akan sama-sama menemukan solusi, daripada berhenti begitu saja. 

"Menikah untuk bahagia itu salah, yang benar itu untuk mencari keberkahan. Dalam ikatan pernikahan, kita akan menghabiskan waktu dengan pasangan, kita tahu satu sama lain," katanya.

2. Menyatukan 2 Hal

Dalam menikah, bukan hanya menyatukan dua insan yang saling mencintai, melainkan juga menyatukan dua keluarga. Sebisa mungkin dekatkan diri dengan keluarga pasangan karena mereka akan menjadi keluargamu juga. 

"Menikah nggak hanya kamu atau aku tapi kita. Kunci utama adalah menyatukan dua hal, yakni keluarga karena ridho Allah terletak pada ridho orang tua," bebernya.

3. Melengkapi Satu Sama Lain

Suami dan istri wajib saling mencintai dan saling menghormati, pasalnya hubungan rumah tangga akan selalu harmonis jika kebersamaan di antara keduanya selalu terbidik oleh rasa cinta yang dihasilkan dari saling menghormati.

Apabila kamu dan pasanganmu mampu saling menghormati maka keadaan untuk saling menuntut tanggung jawabpun tidak akan pernah terjadi. 

4. Komunikasi

Kunci utama hubungan langgeng adalah komunikasi. Sebisa mungkin, kamu dan pasanganmu harus tetap menjaga komunikasi. Dan jangan jadikan alasan meski satu atap, tetapi komunikasi terputus.

"Tetap harus komunikasi apapun masalahnya. Suami dan istri harus selalu saling berkabar. Misalnya masalah pekerjaan , mengurus rumah tangga atau mengurus anak," pungkasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait